Perjalanan Menggambarku di Tahun 2022

06.00

Berhubung 2022 sudah hampir selesai, aku mau cerita tentang perjalanan menggambarku selama tahun 2022 ini dan aku ngapain aja setelah lulus kuliah. 

(postingan ini merupakan draft dari tahun 2022, tapi baru dipublish sekarang)

Read More


Januari: Aku sama sekali gak ada posting gambar bebas karena gak sempat. Yang di atas itu gambarku buat tugas magang. 

Begini ceritanya, para mahasiswa semester 7 di kampusku disarankan ikut program MBKM sama dosen. Jenis programnya ada banyak, tapi rata-rata kelasku banyak yang ikut program magang. Aku magangnya sejak Oktober 2021.


Aku dan beberapa teman sekelasku magang di salah satu studio kartun. Tugasku yang tadi bikin cover cerita pendek. Desain karakternya bebas, asal style gambarnya cartoony seperti itu. Nah, tugasku tersebut aku angkat buat judul skripsi.

Lumayan berkesan sih selama magang disana. Penampakan studionya itu kayak villa karena rada luas. Jalan ke studionya masuk gang. 


Di depan gang itu, ada yang jual buku bekas. Aku jadi sering main kesana setelah pulang dari tempat magang. Walaupun bukunya tidak sebanyak Velodrom, tapi lumayan lah aku ada beli beberapa komik dan majalah disana.

Rasanya aneh gitu masih ada toko buku bekas di Denpasar, soalnya yang kayak gitu menjamurnya waktu aku masih SD. Kalau di Jawa sih aku masih sering lihat sekarang. 


Kelompok magang kami juga pernah menaruh gambar-gambar kartun (bukan punya kami) di pigura. Nantinya gambar-gambar tersebut dipajang di pameran kartun dekat kampusku. Kelompok kami nanti disuruh bergantian jaga tempat, biasanya dari siang sampai sore. 

Kalau kalian bertanya apakah disitu ada yang datang ke pameran selain kelompok kami, kadang ada sih. Biasanya cuma lihat-lihat. 


Terus salah satu syarat skripsinya harus mengadakan pameran offline maupun online (boleh pilih salah satu). 

Pameran itu menampilkan karya kita selama magang. Karena pameran offline agak ribet, Rata-rata aku dan teman sekelasku memilih pameran online. 

Di posting di Instagram dan harus tag 2 dosen pembimbing. Makanya jangan heran kalau art style tugasku jadi beda di Instagram. Sengaja gak aku hapus karena kenangannya masih membekas. 


Februari - Mei: Di Bulan Februari, aku dan teman-teman satu jurusan sudah mulai wisuda. Wisuda online tentunya. Aku rada kaget setelah nama jurusanku disebut MCnya, namaku dipanggil duluan dan setelah itu nama-nama teman kelompok magangku. 

Setelah wisuda, aku mencari-cari lamaran kerja jadi ilustrator. Aku sudah kirim beberapa CV ke perusahaannya, tapi gak dibalas. Kayaknya emang ditolak deh. Aku juga sempat les Bahasa Rusia secara daring, pengajarnya juga gonta-ganti. 

Kenapa gak buka komisi gambar? Jujur saja waktu itu style gambarku suka berubah-ubah (sebenarnya sekarang juga sih). Tapi bisa-bisanya nekat kirim lamaran kerja wkwk. 


Dulu di tahun 2019 dan 2020, aku pernah mencoba style anime 90an. Tapi setelah dilihat sekarang, gambarku dulu di tahun itu jelek karena proporsinya masih kurang. Lebih parah lagi yang art style tahun 2020. 

Sejak Bulan Desember 2021, aku mencoba style anime moe 2000an. Maksudku kurang lebih mirip art style anime To Heart 2 lah. 

Saat itu, aku ikut event secret santa di twitter. Aku mendapat request gambar Barbie Mariposa bersama Bibble sedang bermain bersama. Aku praktekkan style baruku ke gambar di bawah ini. 

Di Bulan Februari, aku gambar karakter Genshin Impact. Karakter-karakternya yang nyanyi lagu fansong berjudul Let The Wind Tells You. Lagunya lucu sih. Yang bikin lama bikin detail bajunya, hehe. 


Aku sempat hiatus selama Maret-April karena masih eksperimen dengan art styleku. 

Sebenarnya alasan aku masuk DKV adalah: supaya merasakan gimana sih rasanya masuk DKV, karena banyak yang bilang susah. Beberapa mutual sosmed ada yang masuk DKV dan menurutku jurusan itu keren (jangan ketawa). 

Mutualku ada yang gambarnya improve setelah masuk DKV, aku juga mau improve gambarku (padahal mah tergantung situ mau latihan apa nggak, jurusan sih gak ngaruh). Intinya aku mau nantangin diriku. Memang ada yang meremehkan aku sebelum dan saat masuk jurusan DKV. 

Walaupun aku masih kesusahan karena tidak sesuai dengan ekspetasiku. Aku pikir tugasnya digital, ternyata di semester awal masih pakai kertas. Terus juga ada matkul menggambar ornamen Bali / Nusantara dan bikin cukil kayu.

Mungkin kalau di Bali ada Jurusan Sastra Rusia, aku sudah disitu. Tapi nanti aku gak tau pengalaman kuliah jurusan DKV kayak apa. 


Bahkan adikku menyuruh aku ganti art style dan diberikan beberapa pdf How To Draw. Aku ya jelas gak mau kalau disuruh ganti art style, soalnya aku sudah terlanjur nyaman dengan art style moe tahun 2000an. 

Ini gambarku yang kurang lebih sudah mendekati art style impianku, kayaknya baru bentuk matanya saja yang mirip. Cuma aku kurang puas sama warnanya. 


Juni - Juli: Di Bulan-Bulan ini aku mencoba menggambar background. Terus aku menambahkan gradient warna buat mempermanis. Aku juga pakai warna yang sedikit ngejreng. 

gambar favoritku di tahun 2022

Gambar yang satu set dengan gambar
diatas di pixivku

Gambarku yang ini salah satu gambar favoritku. Karena aku meniatkan menggambar manual poster yang ada di dindingnya, bahkan sampai begadang menyelesaikan gambarnya. Kebetulan masuk Most Viewed di Pixiv. 

Ini beberapa gambar-gambarku yang pakai background alam. Entah karena aku suka suasana pantai di dunia nyata, tapi aku paling suka yang background pantai. 


                                                   

Di Bulan Juli, aku akhirnya buka komisi gambar. Tapi yang di Instagram aku kolaborasi sama adikku. Adikku bagian sketch dan lineart, aku bagian coloring. Kalau mau komis ke aku juga bisa, tapi cuma terima gambar yang sudah berwarna /promosi

Di Bulan itu juga aku pertama kali dapat klien komisi gambar dari Instagram. Ternyata dia orang Indonesia yang sama-sama suka Classicaloid dan suka baca blog aku. Kita sempat ngobrol bentar di DM. Dia komisi lineart bust up, karakternya OCnya dia. Hasilnya yang di Instagram, kayak gitu deh gambarnya adikku. 


Aku sudah lama gak gambar Karamazov bersaudara. Rasanya gambarku tahun 2020 penuh dengan fanart Karamazov, terutama Ivan karena aku bucin doi 🙃. Di bawah ini redraw gambar tahun 2020 dengan pose berbeda, palet warnanya juga beda. 


Aku juga pernah nyoba melukis di kanvas pakai cat poster. Jujur, gak terbiasa sih karena kebiasaan gambar digital dan dulu waktu kuliah pakainya cat air / poster di kertas blush white. 


Agustus - Desember: Di Bulan Agustus aku mencoba buka komisi di Fiverr dan Sketchmob. Memang sih kena potongan saldo, tapi buat alternatif saja kalau ada mau komisi gambar. 

Di Bulan itu, aku sama sekali gak ada post gambar alasannya antara eksperimen gambar lagi dan adaptasi di rumah baru. 

Mungkin kalian udah lihat di postinganku yang liburan di Bandung, aku sekarang lagi di Malang menemani adikku kuliah. Tentu saja aku mengalami culture shock selama di Malang, seperti waktu aku dulu pertama kali di Bali. Tanpa dijelaskan mungkin kalian tau apa perbedaannya. 

Eksperimen gambarku kali ini campuran antara style gambarnya perusahaan visual novel Saga Planets dan pcmaniac88 (tentu saja gambarnya mereka yang lama). 

Aku suka bentuk pupil mata dan warna kulit dari pcmaniac88, sementara aku suka palet warna yang lain dari Saga Planets. Aku gabungkan dengan style ku sendiri dan begini jadinya. 

tes warna.

                                                             
coba stylenya pcmaniac88

                                                           

ini juga favku




Ikut trend btrbandparody. Bikin parodi sampul
album musik dengan karakter Bocchi the Rock.
Kalau aku gambar dari sampul lagu Ace of Base
yang judulnya Beautiful Life

Aslinya dari Desember 2022, tapi kelarnya
Januari 2023

Di Bulan September, aku dapat komisi dari Sketchmob. Dia (orang Amrik) minta digambarkan 2 karakter dari game gulat dengan karakter moe. 

Gambarnya full body dengan background tempat-tempat. Karena beda zona waktu, dia sering balas DMnya malam-malam. Aku sampai pusing gara-gara kepikiran komisnya. Jujur saja, aku gak sreg sama backgroundnya, tapi klien ku suka-suka saja 😅

Pertama kali buka komis pembayarannya lewat Paypal (akun Sketchmob aku link dengan Paypal). Rada khawatir uangnya sampai gak ya, karena uangnya ditahan sampai 30 hari kalau gak salah. Setelah uangnya sampai, baru aku kabari ortuku. 

Sejak itu, ortuku jadi dukung aku buka komisi gambar. Walaupun belakangan ini belum ada yang order lagi. Tapi kata mereka, "posting gambar aja terus, walaupun belum ada yang pesan komisi" :")) 

-

Itu dia pengalaman-pengalaman menggambarku selama 2022 ini. Maaf kalau di awal aku ngomongin kuliah, soalnya biar tau konteks gambar Januari itu kayak apa. Resolusi ku di tahun 2023, semoga gambarku bisa improve lagi dan komisi gambarku makin rame. 

You Might Also Like

0 Comment(s)

Beethoven Kesetrum

Beethoven Kesetrum

Flags

Flag Counter