Animonster

22.32

Aku mau cerita pengalamanku dengan majalah Animonster! Walaupun baru ngikutin di tahun 2013 sih, tapi aku tetap mau ceritain. Yok kita kemon.



Awalnya, aku sering liat iklan majalah Animonster di buku terbitan Megindo yang lain (Megindo itu penerbitnya Animonster). Misalkan saja, majalah Gadget, Ilusi Mata, dan majalah Animonster Kiddo. 
Aku sebelumnya pernah bahas sedikit tentang Animonster Kiddo, itu merupakan 'adik'nya Animonster. Tapi Kiddo untuk anak-anak.
Aku juga sering liat di toko buku waktu itu sebenarnya pingin beli sih, tapi aku yang masih SD pasti gak dibolehin beli.

Lalu sekitar awal tahun 2013, aku yang sudah SMP lagi liburan ke Malang, terus aku ke toko buku. Di toko buku ada majalah Animonster. Aku beli karena ada bahas Hetalia Beautiful World (walau cuma 1 halaman). 
Karena Animonster tersebut membahas tentang Magi, dan kebetulan komiknya ada di Indonesia, adikku jadi tertarik ngikutin Magi.
Animonster yang pertama kali aku beli T-T




Tuh kan cuma 1 halaman
 
Oh iya, waktu itu yang aku beli namanya jadi Animonstar, bukan Animonster. Tapi tetep aja lebih enak bilang Animonster. Sepertinya Animonster berubah jadi Animonstar di edisi ini:
Aku ambil dari fanpage Animonster

Waktu ke Bontang di tahun yang sama, tapi di Bulan Juni aku beli Animonster. Gambar sampulnya Kakumeiki Valvrave.
Adikku ngusulin beli majalah tersebut dengan alasan: siapa tau ada membahas hetalia lagi (ternyata gak ada, hehehe).
Di edisi tersebut ada membahas (manga) Haikyuu. Karena waktu itu aku masih suka-sukanya sama Poland Hetalia, aku masuk fandom tersebut (tapi cuma sebentar).

Habis di halaman sebelah gak ada si Kenma


Jujur, karena aku gak langganan Animonster, aku banyak kelewatan edisi-edisinya. Dan biasanya di toko buku aku cuma beli komik atau majalah Animonster Kiddo.

Di tahun 2014, aku membeli majalah animonster yang gambar sampulnya Mekakucity Actors. Aku agak kaget melihat tampilan majalah Animonster ukurannya seperti majalah biasa. Entah kenapa halamannya terasa lebih sedikit? Majalah adiknya juga gitu..

Kemudian, di akhir 2014, aku melihat di fanpage facebook animonster bahwa animonster akan berhenti terbit!
Dan mereka mengeluarkan edisi terakhir yang gambar sampulnya maskot Animonster (Kathleen) yang sedang menangis. Majalah edisi terakhir tersebut dibaca di wayangforce. Edisi terakhirnya yang 185, September 2014.
Padahal impianku dulu pingin kerja di kantor Animonster, kayaknya seru, eh udah bubar aja //halah
Aku sebenarnya sedih juga sih animonster pergi, tapi di tahun 2010an ini informasi apapun bisa dicari di internet, termasuk info-info anime baru.
Di fanpagenya, gambarnya emang
Kabur


Beberapa bulan kemudian, aku ke Velodrom. Biasanya sih beli komik (Doraemon Special). Disana aku ketemu animonster tahun 2006-2011 (yang tahun 2011 gak lengkap). Otomatis aku beli semua edisi majalah tersebut.
Karena beli majalah-majalah tersebut, alhasil lemariku jadi penuh lel.

Berkat Animonster, aku jadi tau anime-anime (maupun manga) yang tidak pernah aku dengar sebelumnya.



Di tahun 2015 awal, fanpage Animonster memberitahu bahwa ada Animonster Zoku. Gambar sampulnya karakter-karakter Fate Stay Night. Yang menarik perhatianku adalah majalah itu membahas Touken Ranbu! (Gimana aku gak mupeng coba).
Kalau ga salah itu diterbitin digital deh, soalnya gak nemu di toko buku.
Ini juga kabur gambarnya


Setelah itu fanpage Animonster jadi sepi. Serius.


Akhir tahun 2015, aku ke Velodrom lagi nyari Animonster. Aku nemu animonster awal 2000-an (beberapa sih).

Aku ketemu yang gambar sampulnya Hikaru no Go, Dn Angel, Gundam, One Piece, Ghost in the Shell, sama Ouran. Berbeda dengan yang tahun 2006, yang ini bentuknya kayak animonster tahun 2014.

Coba kita bandingkan.
Edisi tahun 2004 dan 2014


Setelah aku membaca majalah-majalah animonster yang baru beli di velodrom tadi, aku baru tau kalau di tahun segitu ada yang namanya komik bajakan. Kalau gak salah waktu SD aku pernah gak sengaja baca komik bajakan sih...

Selain itu, aku baru tau kalau ada majalah anime selain Animonster //kudet
Tapi kayaknya sih majalah anime lain gak bertahan lama terbitnya, setidaknya Animonster bisa bertahan sampai 15 tahun.

Aku kan punya majalah animonster tahun 2007 yang gambar sampulnya Death Note, dengar-dengar itu edisi terbatas ya, ada bonusnya lagi (sayang aku gak dapat bonusnya //plak). Aku bisa bayangkan orang-orang berjuang untuk mendapat edisi tersebut (apa iya?).


Di edisi tersebut ada sejarah majalah Animonster. Ternyata majalahnya seumuran denganku! Edisi pertamanya diterbitkan tahun 1999.
Btw kalian harus baca yang dibawah ini, ini dari edisi 100 juga. Maaf fotonya cuma modal kamera HP, klik aja gambarnya kalau mau baca T-T
 




 
Nah gimana menurut kalian?
 
Sayang sekali edisi 200 maupun 1000 gak kesampaian T-T (edisi 200 seharusnya terbit Desember 2015, tapi yha 😢)

Bagian yang aku sukai di Animonster itu doujinshi (ada yang bikinan ilustrator Animonster, ada juga yang dari pembaca), What The (tentang kebobrokan para crew Animonster lol), Learn 2 Draw, dan Sorana Joe.
 
Sebenarnya sih karena kedua majalah ini masih saudara, ya para ilustrator di Animonster gak beda jauh dengan para ilustrator di Animonster Kiddo. Aku bisa sih mengenali style gambarnya beberapa gambarnya ilustrator Animonster.
 
Ilustrator fav aku si Bayou. Di Animonster Kiddo, biasanya dia ngisi di rubrik Nusantara. Lengkapnya liat disini.
Kalau di Animonster, biasanya ngisi rubrik What The, Doujinshi, dan kadang Learn 2 Art.
Gimana ya, aku terkesan gitu liat dia gambar cowo keren banget, pingin juga kayak dia T-T
Anyway, ini gambarnya Bayou di Animonster:
 
Wkwk sialan




 Gitu deh. Kalau mau liat gambar dia yang lain, buka aja deviantartnya. Jangan pangling ya liat gambar barunya dia :")

Nah mungkin segitu dulu yang bisa aku sampaikan. Terima kasih sudah membaca.

Ngomong-ngomong, aku ada upload beberapa scan animonster di archive.org. walaupun scan nya gak terlalu bagus. 
jangan tanya kapan update. 

Tambahan:
Manga ini udah ada animenya,
Tapi desain karakter di animenya beda banget dengan di manga

Iklan yang sering ada di Animonster tahun 2006(?)-an
Sekarang udah jadi ilustrator buku anak orangnya
Gita-chan sekarang jadi editor di Re:on comics. Yang satu lagi kurang tau T-T

Iklan majalah Animonster Kiddo :"

Buka deviantartnya dan lihat apa yang terjadi

Dari Animonster tahun 2002

Potongan gambar dari halaman diatas


Layout Animonster awal 2000an. Animenya disingkat Saikano, jangan ketukar sama Saekano ya :d






You Might Also Like

2 Comment(s)

  1. Kak animonster yg ada Hetalianya yg mana aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku ada di edisi 124, 137, dan 166 (tapi yang 166 cuma 1 halaman kayak di postinganku).

      Hapus

Beethoven Kesetrum

Beethoven Kesetrum

Flags

Flag Counter