Pengalaman Menggambarku

22.58

 

Oh iya, sepertinya aku pernah nulis tentang pengalaman menggambarku ya. Tapi kan di postingan sebelumnya aku cuma nulis sekilas pengalamanku, jadi anggaplah postingan yang ini versi 'extended'-nya, hehe.



Awalnya
Aku gak begitu ingat sih, tapi katanya aku sejak kecil pernah coret-coret tembok kamar. Entah apa yang digambar xD

SD
Saat itu, aku suka sekali menggambar apapun di atas kertas. Seingatku aku pernah gambar pemandangan (iya, gambar pemandangan legend itu), gambar orang, hingga gambar Bobo (majalah Bobo) dan teman-temannya.

Pas kelas 3 atau 4 SD, aku baru nyoba gambar digital. Tapi masih pakai Microsoft Paint dan pakai mouse. Aku belum punya laptop, jadi gambarnya pakai Personal Computer.

Rasanya aku udah pernah cerita ya, kalau aku habis selesai posting gambar langsung dipost di situs Multiply. Tapi biasanya dikumpul dulu beberapa gambarnya, baru dipost dalam satu album. Multiply itu situs blog dan mengesankan sekali mengingat aku suka posting-posting gambarku disana.

Aku juga terkadang bikin komik. Ya komik iseng-iseng gitu. Biasanya tentang pengalaman, pelajaran SD, dan sebagainya. Waktu lihat majalah XY-Kids yang ada rubrik komik kiriman pembaca, aku jadi pingin kirim juga. Komiknya sih udah jadi, tapi gak sempat-sempat dikirim sampai majalahnya gulung tikar orz.

Aku biasanya gambar original character dan fanart. Gambar teman sekolah juga pernah. Aku pertama kali gambar anime itu sejak kelas 4 SD. Jadi ingat aku pernah bikin original character terinspirasi dari Powerpuff Girls Z. Ada beberapa gambarku yang terinspirasi kartun-kartun yang lain.

Sejak kenal Kaiketsu Zorori, aku keseringan gambar binatang. Namun sejak kenal Hetalia justru sebaliknya.
Aku pernah menggambar dengan style gambar berbeda, tapi entah kenapa tetap keliatan kalau aku yang gambar? Coba liat gambar-gambarku dibawah ini, gimana menurut kalian?

Terinspirasi dari An American Tail
tapi tikusnya diganti komodo (dan sepertinya
campuran dari kartun lain)

Terinspirasi dari Power Puff Girls Z

Terinspirasi dari Pitchi Pitchi Pitch

Terinspirasi dari campuran Power Puff 
Girls Z dan Magical Doremi

Percayalah yang ini keinspirasi komik
Brazil berjudul Chico Bento :")

 
Aku pernah dikasih Majalah Comical Magz sama ortu dan langganan Majalah Kiddo. Gara-gara aku suka konten-konten di majalah-majalah tersebut, aku kalau udah besar jadi pingin ngelamar jadi illustrator di penerbit majalah-majalah itu. 
Eh tau-tau sebelum aku kuliah, kedua majalah tersebut udah gulung tikar. Ya udahlah gak jodoh berarti 😅

SMP
Begitu lulus SD, aku bikin akun Facebook dan post gambar-gambarku disana. Aku juga sudah punya laptop waktu itu. 
Aku copy semua gambar-gambarku waktu SD (dan koleksi lagu) yang dari PC ke laptopku. Siapa tau bisa dilihat lagi kapan-kapan. Aku lupa sejak kapan PCku rusak, kayaknya pas aku SMP deh.

Selain bikin facebook, aku juga bikin akun Deviantart, Blog (blogspot), dan lain-lain. Waktu bikin akun Deviantart sih, aku belum berulang tahun ke-13 walaupun udah lulus SD. Jadi yha...

Aku posting beberapa gambar-gambarku yang paling aku sukai di Deviantart. Ya, gambar-gambar pertamaku waktu itu sebagian besar fanart Hetalia. 

Dari SMP sampai sekarang aku masih post gambarku di Deviantart. Kadang posting di blog juga, tapi sekarang udah jarang. Oh iya, silahkan kalau mau liat gambar-gambarku waktu SMP di situs Deviantart, sengaja gak aku hapus sama sekali :p

Aku ingat pernah kenalan sama kakak kelas. Jadi, ceritanya aku dan sekelompok teman-teman yang lain ada pelajaran Ummi. Biasanya satu kelompok ditempatkan di kelas yang berbeda, nah kelompokku dapat kelasnya si kakak kelas ini.

Waktu aku asal duduk di tempat yang kosong, aku lihat sketchbook diatas meja yang aku duduki. Maaf, tapi aku gak tahan gak liat isi sketchbooknya :")
Pas aku buka, wahh gambarnya bagus-bagus 😭 (gambar anime tentunya). Jujur aja, aku bilang gitu soalnya gambarku waktu itu gak sebagus punya dia.

Saking penasaran siapa yang gambar, aku sempat tanya ke salah satu kakak kelas yang sekelas dengannya. Terus beberapa hari kemudian, aku ketemu langsung sama kakak kelas yang pinter gambar itu dan akhirnya temenan di Facebook.
Karena kadang-kadang ketemu, aku gak ngobrol banyak sama kakak kelas itu (apalagi aku pendiam banget dulu). Jadinya cuma chat di Facebook.

Aku lupa bilang, SMPku kelasnya ada 4, A, B, C, dan D. Cowok dan cewek dipisah. A dan B kelas cowok, sedangkan kelas cewek sebaliknya. Setahuku kelas kakak kelasnya 8C, jadi kesimpulannya si kakak kelas itu cewek.

Sejak SMP, aku baru punya pen tablet. Entah kenapa pertama kali pakenya agak aneh gitu dibanding pas pake mouse. Aku juga udah beralih dari Ms. Paint ke Paint tool sai. Awalnya sih warna gambarku flat color, tapi lama-lama bakal ada shadingnya.

Ngomong-ngomong, aku waktu tes masuk SMP ada tes namanya Wartegg Test. Gak tau kenapa namanya begitu, emangnya tes Warung Tegal? Jadi disitu ada 6 kotak berisi simbol-simbol random yang nantinya akan digambar sesuai imajinasi masing-masing. Aku pun jadi gambar gak jelas disitu :"

Ketika pelajaran SBK (pertemuan pertama), Pak Gurunya gambar orang botak di whiteboard kertas. Ya muka karakternya mirip Avatar Aang gitu dah. Karena temen sekelas bilang mirip Avatar Aang, si Pak Guru gambar tanda panah yang ada di jidatnya Avatar Aang. 
Setelah itu, Pak Guru bikin komik 2 panel. Udah terisi karakter (lupa karakternya gimana) di masing-masing panel. Eh temen sekelas malah ada yang bilang panelnya kayak mata robot. Digambarinlah hidung kotak sama mulut tersenyum sama si Pak Guru dibawah panel tadi :")
Pak Guru itu tetap ngajar SBK dari aku kelas 7 sampai kelas 9. Aku seneng sama cara ngajarnya si Pak SBK itu, terus juga beliau suka muji hasil gambarnya anak-anak kelas (termasuk aku 😭).

Waktu kelas 7, aku pernah ikut eskul mading. Aku biasanya bagian gambar-gambar sih. Kelas 8 aku aku ikut eskul lukis. Namanya lukis ya udah pasti gambarnya pakai cat air. Saat itu, Pak Guru eskul lukisnya bagiin kanvas kosong buat anak-anak eskul lukis. Kalau ga salah cat airnya bawa sendiri. Habis itu, tema melukisnya bebas setahuku. 
Aku pernah melukis pemandangan kayak gini waktu eskul:

 

SMK
Aku dulu SMK jurusan multimedia. Tapi ternyata ada juga pelajaran yang berkaitan dengan menggambar. Seperti pelajaran Desain Multimedia misalnya, jadi di pelajaran itu disuruh gambar sesuai tema, setelah itu gambar bebas tapi sesuai teknik gambar yang ditentukan. Misalnya teknik pointilis, tinta, cat air, dan lain-lain.
Biasanya traditional, tapi pas UAS baru digital (bebas pakai aplikasi apa aja).

Aku juga pernah pas pelajaran apa gitu, disuruh bikin storyboard berdasarkan video pendek yang dikasih Pak Guru. Storyboardnya dibikin di buku tulis. Pak Gurunya sampai muji aku gara-gara aku bikin storyboardnya terlalu niat.
Aku waktu ada UKK kan milih Pembelajaran Interaktif, nah aku perlihatin lah gimana aku gambar karakternya ke Pak Guru. Pak Gurunya sendiri tuh yang minta begitu 😅
Aku sebenarnya pingin cerita lebih banyak soal pengalaman selama aku SMK, mungkin dijadiin post sendiri aja kali ya.

Aku pernah ngobrol sama Pak Guru yang ngajar Desain Multimedia, intinya aku bilang kalau aku mau kuliah jurusan DKV di kampus yang aku mau. Terus sampai dibilang sama Pak Gurunya kalau disana itu susah, tapi tetap saja aku disemangati sama beliau. Hehe.
Ngomong-ngomong soal DKV, aslinya jurusan DKV di sekolahku sudah ada sejak aku mau naik kelas 8. Karena udah terlanjur masuk Mulmed, jadi ya sudahlah 😂

Aku waktu SMK biasanya akrab dengan salah satu K-poper di kelasku yang biasa gambar realis, anak animasi yang biasa gambar anime digital, dan anak multimedia kelas lain yang biasa gambar semi realis (sering ketemu di kelas Agama). 
Aku juga punya sahabat yang sering duduk sebangku denganku, walau dia gak bisa gambar, aku dekat sekali dengannya.

Sekarang
Pada akhirnya aku jadi kuliah jurusan DKV di kampus yang aku mau. Eh ternyata ada beberapa anak yang dari SMKku, walau bukan sekelas. 

Kesimpulan
Gambar diatas adalah contoh dari gambar-gambarku dari SD sampai kuliah. Aku menyadari kalau gambarku sering berubah-ubah dan semoga saja kapan-kapan bisa konsisten dengan styleku yang sekarang. Saat ini artstyleku terinspirasi dengan style anime tahun 90/2000an dan belakangan ini aku pakai aplikasi Medibang.

Oke, terima kasih sudah membaca. Kalau mau lihat lebih lanjut soal gambarku waktu SD, buka saja alindicollection.blogspot.com, aku upload hampir semua gambar-gambarku waktu SD.
Kalau gambarku waktu SMP (sampai sekarang), buka akun deviantartku saja
Gambar lamaku gak aku hapus sama sekali :d

You Might Also Like

0 Comment(s)

Beethoven Kesetrum

Beethoven Kesetrum

Flags

Flag Counter