#Throwback 2011: Hetalia

22.58

Karakter utama dalam anime ini. Dari kiri : Jerman (Ludwig), Italia (Feliciano Vargas), Jepang (Honda Kiku).


Kali ini aku akan membahas hetalia~ . Salah satu fandom yang awet sampai 3 setengah tahun (2011-pertengahan 2013, karena di akhir 2013 aku sudah pindah ke fandom marvel, hehehe).  Aku akan menceritakan bagaimana aku bisa kenal sama anime satu ini.



Kalau tidak salah di tahun 2008 di majalah kiddo, ada komik tentang sejarah Indonesia dan karakter-karakternya dipersonifikasi, judulnya ‘Nusantara’. Kata kak Bayou (yang bikin komik ini) komik Nusantara terinspirasi dari Hetalia. Aku dulu rela beli majalah kiddo setiap bulan buat baca komik Nusantara :’D. Sayang sekali majalah kiddo tahun ini sudah tidak ada komik Nusantara L

Sumber gambar
Seperti itulah komik nusantara (yang tentunya berbahasa Indonesia) di kiddo tahun 2008. Aku punya majalah  kiddo yang ada komik nusantaranya seperti gambar diatas.  Di tahun 2009, gaya gambar komik ini sudah berubah seperti ini:

Wait, jadi selama ini Portugis itu COWOK? Waktu aku kelas 4 SD pernah ngira dia cewek lol. Belanda juga X’D.  Oya, aku pernah iseng nyari “majalah kiddo” (kalau gak salah?) di google, terus ada gambar ini:
Sumber gambar
Mereka semua dari komik nusantara (btw, yang Jepang itu muncul di majalah kiddo Agustus 2009, jadi cover lagi). Dan link gambar tersebut adalah situs deviantartnya kak Bayou asdfghjkl--. Ternyata di deviantartnya ada lanjutan komik nusantara yang tahun 2008 (tahun itu, koleksi kiddoku masih belum lengkap).  Aku ingat dulu di kiddo edisi Agustus 2009 beberapa tokoh di komik nusantara (Indonesia, Belanda, Jepang, dan Inggris) jadi cover:
yha...
Karena di internet gak nemu gambar sampulnya, ya udah, aku scan punyaku saja (meskipun agak robek sampulnya orz).

Waktu itu aku yang masih belum kenal hetalia punya OC. OCnya berasal dari Negara yang berbeda dan fisiknya sesuai sama lambang Negara mereka lel.
dibikin tahun 2009 :")
Desain awalnya kayak gini. Nama mereka Ina Paramita dari Indonesia, Bella Falen (nama macam apa ini XD) dari Belanda, terus yang disebelahnya dari China, lupa namanya siapa.
temennya gambar diatas gambar ini.

Dan sepertinya mereka cocok kalau pakai baju, ya?  Karakter lain yang belum kusebutkan tadi aku sudah lupa namanya, kecuali yang baju warna biru. Kayaknya itu fusion singa dan unicorn (?). Namanya Elizabeth Jill dari Inggris. Awalnya mau bikin dia cowok sih, tapi gak jadi :p.

Oya, ada lagi karakter-karakter supporting lain. Mereka juga berasal dari Indonesia, tapi beda kota.  Judul OCku itu ‘My Friends in Outside Indonesia’ (disingkat MFIOI), sempat kuganti jadi Student Organization (wait, ini bukannya bahasa Inggrisnya OSIS, ya? XD) akibat judulnya kepanjangan dan ada karakterku yang berasal dari dalam negeri. 
Dari kiri ke kanan: Ina Paramita, Made Udayana, dan Lena Arydesta. 

Mereka adalah para leader dari komunitas yang berbeda-beda. Ina Paramita berasal dari Jakarta, dia adalah leader dari Outside Friends Community (OFC). Kalau Made Udayana, sudah ketahuan dari namanya, dia berasal dari Bali, lebih tepatnya Denpasar. Made adalah leader Indonesian Friends Community (IFC). Yang terakhir adalah Lena Arydesta. Dia berasal dari Kupang dan merupakan leader ASEAN Friends  Community (AFC). Ada biodata singkat mereka (NB: Biodata singkat ini kubikin tahun 2010):

1.       Ina Paramita
  1. Umur: 10
  2. Kelas: 4 SD
  3. Jenis kelamin: perempuan
  4. Nama tengah: -
  5. Lain-lain: Ina adalah pemimpin  dari OFC, yang mempunyai 2 orang teman yaitu                        Bella dan Jill.
  6. Teman pertama: Bella & Jill
  7. Jenis: burung garuda


2.       Made Udayana
  1. Umur: 10
  2. Kelas: 4 SD
  3. Jenis kelamin: laki-laki
  4. Nama tengah: Andra [tidak diputuskan namanya]
  5. Lain-lain: pemimpin yang keturunan Portugis-Bali ini bersahabat dan bisa bahasa lain                 tentunya (bukan bahasa daerah).
  6. Teman pertama: Ina (2009) dan Ardie Fujiyama (2010)
  7. Jenis: anjing German shepreds
  8. Julukan : UNUD (Universitas Udayana) dan Mede de Sivrag (?)


3.       Lena Arydesta
  1. Umur: 9
  2. Kelas: 4 SD
  3. Jenis kelamin: perempuan
  4. Nama tengah: -
  5.  Lain-lain: teman setia Made (2009) ini sifatnya sama dengan Sara Marceline                               (sebenarnya aku juga lupa ini dari Negara apa?).
  6.  Jenis: panther (kok warna ungu ya? XD)
  7.  Teman pertama: Made & Chooky.


Made Udayana juga punya kakak bernama Bagus Udayana (aku di 5 tahun yang lalu emang ngasal ngasih nama karakter, ya OTL) dan temannya yang bernama Ardie Fujiyama, dia keturunan Jepang.
Dari kiri ke kanan: Ardie Fujiyama, Bagus Udayana, dan Made Udayana.
 Di awal tahun 2011, aku mulai searching hetalia itu apa. Lalu aku iseng buka Wikipedia tentang Hetalia. Oh, ternyata anime tentang personifikasi Negara. Nama karakternya merupakan nama Negara (ada beberapa karakter yang memiliki human name). Selain itu, ada versi genderbendnya (karakter yang cowok jadi cewek, begitu juga sebaliknya) dan versi 2p. Ada komiknya juga (di internet, tapi entah kenapa dulu rada malas baca). Aku juga dulu suka mengunjungi situs fanpop tentang hetalia (fanpop.com/clubs/hetalia).  Episode pertama yang kutonton malah bukan yang episode 1, tapi episode yang ada Inggris sama Prancis bertengkar, terus ada Amerika masih shota (lupa itu episode berapa). Saking terobsesinya sama hetalia, aku juga suka download animenya (tapi acak) dan video fanmade (yang sebagian besar ada di nicovideo). Dan waktu itu download dari youtube.
sampai sebanyak ini XD
Koleksi gambar hetalia di internet juga gak kalah banyak (satu folder sebenarnya juga bercampur sama yang gak ada hubungannya sama hetalia).
Abaikan judul-judul gambarnya XD 
Dari semua folder yang isinya gambar hetalia,folder ini yang paling banyak.

Karakter favorit? Aku dulu suka Russia, Finlandia, South Korea, Inggris, dan Polandia.

Rusia / Ivan Braginski(sumber gambar)
Ini salah satu karakter favoritku pas aku baru tahu hetalia. Gara-gara itu aku jadi tertarik apapun tentang (Negara) Rusia. Termasuk komik Karamazov bersaudara :’D.
                                         
Komik Karamazov Bersaudara yang mana lagi selain yang ini uwu
Soal komik diatas, aku beli sekitar 5 tahun lalu (aku lupa waktu itu aku masih kelas 6 SD atau kelas 1 SMP, ya?).

Tbh aku heran kok waktu itu lebih tertarik beli yang seri world masterpiece yang ini padahal ada Crime and Punishment dan War and Peace (ada di goodreads kalau pingin tau penampakannya kayak gimana). Apa karena ada karakter yang namanya Ivan? Kok alasannya ngaco banget X"D

Rasanya ingin naik mesin waktu buat nanyain aku yang di tahun 2012 buat nanyain apa alasan aku beli komik ini //heh

Satu lagi, dulu aku gak tau lho kalau komik ini diadaptasi dari novelnya Fyodor Dostoevsky yang judulnya The Brothers Karamazov dan sempat gak ngerti sama jalan ceritanya (sekarang baru ngerti XD).

Sebenarnya aku pingin cerita lebih lanjut soal komik ini, tapi kayaknya mesti tulis di postingan terpisah deh
(udah dibikin, silakan dibaca x'D) 
Finlandia / Tino Vainamoinen
                                       
Korea Selatan / Im Yong Soo (Sumber gambar)

                                               
Inggris / Arthur Kirkland (artistnya sih ini, menurut saucenao. Tapi di pixiv kayaknya udah dihapus gambarnya)
                                                   
Polandia (sebelah kiri) / Feliks Lukasiewicz
Kalau gak salah akhir tahun 2012 aku sempat tertarik sama karakter ini. Sampai koleksi gambar hasil downloadku kebanyakan orang ini. Aku pernah masuk fandom Haikyuu (versi komik) di pertengahan tahun 2013 karena ada karakter di Haikyuu yang mirip Polandia, namanya Kozume Kenma. Meskipun tampang sama, sifatnya bisa jadi berbeda.
Kozume Kenma (the artist's pixiv)
                                                     
Sampai ada yang bikin crossovernya XD  (sumber gambar)
Oke, maaf tadi OOT sejenak XD. Sekarang kembali ke topik pembicaraan. Fanart hetalia pertamaku seperti ini:
Anggap aja ini Italia, Jepang, dan Jerman XD

                                       
Allied Forces XD
Aku gambar itu waktu kelas 6 SD. Memang gak mirip ya sama aslinya XD.
Masih banyak sih fanart-fanart hetalia-ku yang lain. Kalau penasaran, lihat blogku yang lainnya, ya (isinya gambar lama semua XD yang baru ada di blog ini). /promosi mode on
Blog yang isinya gambar lamaku: 
http://hetaliakitty21art.blogspot.co.id/ dan http://alindicollection.blogspot.co.id/

Waktu zaman masih wibu hetalia, nama facebookku dulu malah Alindi Braginski, bukannya pakai nama lengkapku XD. Aku juga dulu cari-cari kenalan yang sama-sama suka hetalia (termasuk akun roleplay (disingkat RP)nya).  Sekarang akun twitterku sudah terlantar begitu saja akibat kebanyakan main FB (ya, termasuk akun RPku), tapi tidak menutup kemungkinan twitterku aktif sementara. Waktu jaman aku masih SMP, twitter masih menjamur dan banyak teman-temanku di sekolah buat akun RP  twitter. Sebagian besar pada RPan jadi artis idola mereka, sementara aku RPan jadi Polandnya hetalia XDD. Ini akunku:

Nah, segitu dulu ya edisi #Throwback kali ini. Kalau ada kesempatan mungkin akan ditambahkan yang lain :P.

You Might Also Like

0 Comment(s)

Beethoven Kesetrum

Beethoven Kesetrum

Flags

Flag Counter