Anime Kesukaan Waktu SD (long post warning)

23.34

Gambar hanya pemanis
Jadi, akhir-akhir ini kan aku lagi aktif di twitter. Di base Japanfess, adminnya bikin thread opening anime-anime jadul. Makanya tiba-tiba pingin ceritain anime apa aja sih yang pernah aku tonton waktu SD, gitu. Ngomong-ngomong, kebanyakan gambar di postingan ini di-embed dari web lain, tolong kasih tau kalau ada gambar yang hilang ya :"

Maaf OOT dikit, tapi udah ada yang pada nonton Little Women (yang baru tentunya)? Itu adaptasi film ketujuh dari novelnya Louisa May Alcott yang berjudul sama. Terus, di Bungou Stray Dogs ada karakter yang berdasarkan penulis tersebut dan itu nama karakter di gambar pemanis kali ini.

Jadi inget dulu base movie di twitter banyak menfess yang bahas film Little Women, aku mikirnya nama abilitynya Louisa di BSD orz. Ada animenya lagi, tapi gak aku bahas karena belum pernah nonton animenya. //heh

versi animenya



Read More


-

Balik ke topik, aku tau anime dari channel TV lokal. Kalau ga salah, anime yang pertama kali aku tonton di TV itu Doraemon, sampai beli komiknya juga.

Terus, seingatku pas aku kelas 3 SD, aku nonton anime lain di TV. Contohnya, Law of Ueki, Idaten Jump, Samurai X, dan Samurai 7 di Global TV  dan Keroro di ANTV (buset, shonen semua! xD). Oh iya, Naruto juga, tapi gak terlalu ngikutin :'

Kalian ada yang ingat majalah XY-Kids? Majalah itu masih satu keluarga sama majalah Bobo dan Kreatif. Aku ingat, dulu waktu SD aku suka langganan majalah Bobo dan Kreatif. Pasti pada tau kan majalah Bobo isinya apa, kalau majalah Kreatif isinya ada rubrik kerajinan gitu. Ada pengetahuannya juga.

Aku pertama kali tau XY-Kids pas dibeliin majalah itu yang sampul majalahnya gambar Keroro. Pas dibuka, aku jadi tertarik sama majalah XY-Kids karena suka bahas anime dan manga. Tapi, komik lokal juga dibahas kok. Gak cuma anime dan manga, film Barat, kartun, dan serial TV (maksudnya yang kayak Highschool Musical gitu) yang tayang di spacetoon dan channel TV berlangganan.

                                                           
Bukan yang ini, ada lagi yang lain sampulnya Keroro

Makanya itu, walaupun aku cuma pakai TV yang nyiarin channel lokal (kecuali Spacetoon karena ga ada di TVku qwq), aku tau serial TV yang ada di channel berlangganan karena tau dari majalah. Ya cuma asal tau, karena aku lebih suka baca bagian anime dan manganya aja di XY-Kids.. //plak

Kadang ada juga yang edisi khusus

Ada majalah yang rada mirip XY-Kids, yaitu Animonster Kiddo, 'adik'nya Animonster. Tapi lebih suka aku panggil Kiddo. Kenapa aku bilang adiknya Animonster, soalnya Animonster terbit lebih dulu dari Kiddo dan penerbitnya sama. Majalah Kiddo kadang bahas anime dan manga juga, walaupun gak terlalu sering. Terus rubrik komik di Majalah Kiddo stylenya anime, salah satu rubrik yang menyita perhatianku adalah 'Nusantara' yang digambar oleh Kak Bayou (lengkapnya baca disini).

Lama ga keliatan, si Portugis udah potong rambut aja
Ini dari majalah Kiddo yang udah 'membesar'
                                                               
Sebelum jadi besar bentuknya
                                  
Kalau Animonsternya sendiri, aku pertama kali beli waktu kelas 1 SMP sekitar tahun 2013. Telat banget ya, hehe. Karena waktu itu Animonster bahas Hetalia The Beautiful World, walaupun cuma 1 halaman, tetap aja senang bisa beli Animonster :') Habisnya, dulu waktu SD aku sering liat iklannya majalah Animonster di Majalah Kiddo, gimana gak mupeng coba. Dulu aku gak beli Animonster karena pasti gak dibolehin, dengan alasan majalahnya gak ada pengetahuannya sama Ortu x'D (beneran lho)

Jangankan iklan majalah Animonster, di majalah Kiddo ada iklan komik Love Hina segala (liat gambar dibawah) XD Tapi itu versi legalnya, yang diterbitin penerbitnya Animonster ini. Oh iya, aku juga koleksi Animonster 2006-2011 hasil beli di loakan, yang tahun sebelumnya juga ada tapi beberapa aja. Berkat Animonster, aku jadi tau anime-anime lama yang dibahas disitu dan aku baru tau ada yang namanya komik bajakan...
Animonster yang edisi dibawah 2006 ternyata besar kayak tabloid, lalu menjadi kecil dan kemudian besar lagi bentuknya di tahun 2014.

Jadi inget dulu pernah baca manganya diam-diam di rental komik
Ada juga dating sim fanmadenya


Sedangkan XY-Kids tidak berubah bentuk, namun lebih tipis perasaanku. Kiddo juga lebih tipis (biasanya seukuran buku tulis (?) dan bentuknya jadi besar sejak tahun 2011) dan rubrik favoritku udah gak ada! Terakhir liat majalah tersebut sekitar beberapa tahun yang lalu.

Sayang sekali, majalah Kreatif, XY-Kids, Animonster dan adiknya sudah tidak ada.di toko buku, jadi kangen deh. Aku tau ini aneh, tapi aku suka liat iklan majalah lama. Ingat gak dulu pernah ada biskuit merk Energen? padahal enak tapi udah gak produksi lagi orz.

Baiklah, ayo kita bahas anime yang pernah aku tonton waktu SD.
1. Law of Ueki


                                                 



Ini anime di Global TV yang suka aku ikutin. Dulu pingin banget beli manganya dan pernah dibahas di XY-Kids juga. Tapi ya, malah gak dibolehin beli karena rating komiknya Remaja, lalu aku sendiri masih 8 tahun waktu itu (salah satu alasan kenapa aku waktu SD beli komik Doraemon terus). Terus, beberapa tahun kemudian, aku pulang kampung ke tempat kelahiranku dan ke rumah omaku. Di kamar Omku, ada banyak komik (rata-rata shonen semua, sampai bingung ga ada yang moe haha) termasuk komik Law of Ueki, tapi yang Plus. Lumayan, bisa baca juga komiknya :')

Btw aku dulu naksir sama Robert Haydn, yang rambut pirang pakai perban di jidatnya itu. Aku baru nyadar nama belakangnya mengingatkan pada nama komponis (Joseph Haydn, lol).

2. Idaten Jump

                                                   


Yang ini aku gak terlalu ngikutin, tapi iklannya suka muncul di Global TV X'D
Aku suka main sepeda karena anime ini, hehe

3. Samurai X (Rurouni Kenshin)
                                       




Ini sih favorit banget, sampai beli DVDnya segala (iya, bajakan) dan posternya di pasar malam. Aku dulu suka lihat si Yahiko di anime ini, yang pendek itu loh //ditabok Yahiko
Bahkan aku dulu pernah bikin fanart Yahiko di PC, tapi udah ga sempat dipindah ke laptop, makanya gak pernah aku lihatin.

4. Samurai 7
                                           




Aku gak tau kenapa aku dulu demen sama yang samurai-samuraian, kecuali Samurai Deeper Kyo karena jarang nonton orz. Dulu pernah dibahas di majalah Bobo, sampai lecek gara-gara suka aku buka bagian yang bahas Samurai 7, haha. Aku dulu bucin sama yang namanya Katshushiro Okamoto (kalau di gambar, yang paling depan tengah) dan Heihachi Hayashida (yang diatasnya Katsushiro). Dulu waktu SD pernah juga bikin fanartnya Heihachi, tapi di kertas dan gak ada nyimpen gambarnya.

Waktu gambar Heihachi di rumah sepupu, aku inget pernah dibilang sama sepupu (kalau ga salah), itu topi pilot ya. Aku yang masih SD gak tau kalau nama topinya Heihachi itu topi pilot. Aku bilangnya itu topi Heihachi hehe //dasarkamu

Aku sendiri bingung kenapa suka sama Katsushiro dan Heihachi, namanya juga bucin //heh
Kalau gak salah karena Katsushiro suara sama mukanya ganteng (pengisi suara versi Jepangnya sama kayak Switzerland Hetalia dan Ueki ternyata). Kalau Heihachi karena mukanya manis, hehe >//<

Oh iya, aku kan pernah liat video fanmade Hetalia yang pakai lagu 'Unlimited'. Aku ngerasa kok kayak kenal sama lagunya. Pas aku nyari openingnya Samurai 7, baru inget kalau lagu yang dipakai di video fanmade Hetalia itu aslinya openingnya Samurai 7 ^^;

Jadi pingin bikin fanart mereka lagi deh, kapan-kapan (stay tune di IGku pokoknya).

Aww malu banget ///

5. Keroro Gunso
                                                   




Nah, kalau ini di antv. Aku pernah punya krayon gambarnya Keroro lagi. Aku dulu suka sama Tamama, yang matanya berbinar-binar sendiri xD 
Awalnya sempat ngira Tamama cewek karena manis, gak taunya cowok pas searching di internet (kasusnya sama kayak Shinzo Hattori, adiknya Kanzo Hattori yang merah itu di Ninja Hattori. Sempat aku kira cewek juga karena mirip Dorami). 

Oh iya, di krayonku ada karakter yang namanya Sumomo, manis tapi belum pernah liat di anime yang ditayangin di antv (seingatku). Terus, ada juga karakter utama Keroro versi manusia, kolaborasi sama apa gitu.
                                          
Tamama jadi shota ////

6. Kaiketsu Zorori
                                         




Ini anime favorit aku di antv, cuma kayaknya banyak yang nggak tau anime ini, ya. Juga, ini anime yang pernah bikin aku jadi furry dulu. Lagu openingnya yang majime ni fumajime apalah itu dan lagu endingnya yang ada Noshishi dan Ishishi itu memorable banget. 
                                                     

Anime ini adaptasi dari buku anak-anak karangan Yutaka Hara dan bukunya udah ada sejak tahun 80an. Waktu liat sampul bukunya, kayak pangling liatnya. Aku dulu sempet mikir, "ini Zorori?" 
Di animenya juga ada manusia nyasar, padahal karakternya binatang semua. Ternyata itu si Yutaka Hara, bisa aja nih penulisnya nyempil.
Kalau mau liat fanart Zorori yang dulu aku bikin, bisa ke sini.

7. Kekkaishi
                                                  



Mungkin ini anime genre supernatural yang pertama kali aku tonton. Girl crushku si Tokine dan aku nonton demi lihat dia 8D

8. Powerpuff Girls Z
                                         


Versi animenya Powerpuff Girls. Aku ingat dulu pernah nonton ini waktu liburan di Nusa Penida tapi lupa di channel apa, pokoknya channel lokal kok. Ada juga komiknya yang diterbitin Komik Warna, komiknya itu kayak screenshotan animenya terus dikasih balon kata gitu. Rasanya seneng bisa beli komiknya waktu itu, walaupun agak mahal. 

Tapi komiknya gampang rontok halamannya, dulu sampai dimarahin jangan beli komiknya lagi sama ortu. Akhirnya cuma koleksi 2 volume. 

9. Bakugan


Ini juga gak terlalu ngikutin, tapi aku dulu suka ngeliatin si Runo. Sekarang aku liat dia kayak Hatsune Miku xD

-

Terus, waktu pulkam ke rumah sepupu di luar provinsi, aku 'kenalan' sama channel Spacetoon di TVnya. Soalnya di tempatku gak ada channel Spacetoon sih. Tadinya aku cuma iseng nyari channel TV yang nayangin kartun di TV sepupu, ketemu channel itu deh.

Aku mikir, kok bisa ya channel ini nayangin kartun seharian dan yang aku inget dari spacetoon itu kartunnya aneh-aneh! XD Kartunnya kalau nggak dari Jepang atau Barat, ada yang dari Cina dan Korea juga. Juga, ttiap kartun ada 'planet'nya sendiri, sesuai genrenya kalau ga salah.

Iklan spacetoon di majalah Kiddo

Di spacetoon ada banyak anime, tapi anime yang bener-bener aku ikutin itu Ninja Hattori sama Rocky Rackat (pokonyan) //plak. Toh lagian ga setiap hari dan cuma numpang TVnya sepupu :"

                                               
Ninja Hattori
hayo siapa yang ngira Shinzo Hattori (yang merah) cewe?

                                                 
Rocky Rackat (Pokonyan)


Dulu aku pikir, 2 anime ini kok gambarnya kayak Doraemon ya. Eh, ternyata emang bikinannya Fujiko F. Fujio (mangakanya Doraemon). Habisnya, Kenichi di Ninja Hattori mirip Nobita tapi kacamatanya kotak dan Miki di Pokonyan mirip Shizuka tapi rambut biru. //hus

Jadi inget, dulu di Indosiar (?) ada anime Blue Dragon, dulu waktu nonton kok kayak kenal sama style gambarnya. Ternyata desain karakternya Akira Toriyama, yang bikin Dragon Ball. 

             
Blue Dragon

Terus, di majalah XY Kids edisi khusus komik (edisi khusus fav aku tuh T-T), kan dibahas kalau komik 666 Satan bikinannya Seishi Kishimoto (kembarannya Masashi Kishimoto yang bikin Naruto) bakal diterbitin di Indo. Ternyata pas terbit, penerbitnya Level Comic (penerbit komik Dewasa). Aku yang masih kelas 4 SD cuma bisa gak jadi beli, entar ditanyain ortu lagi.

                                                             
666 satan

-

Udah, cuma itu aja. Maaf deh kalau sedikit, soalnya aku paling sering nonton kartun Barat :")
Tambahan: Aku beberapa hari kemarin bongkar-bongkar koleksi majalahku buat dan nemu sesuatu yang menarik (termasuk foto halaman majalah diatas):


Bentar, ceweknya kok mirip karakter di Full Metal Panic ya xD

4 panel isinya Ferb semua :"
Aku gambar yang pertama, sisanya adikku yang gambar

Kayaknya enak nih

Frontal banget bahasanya si bapak x'D
Ini dari Majalah Ananda tahun 1991

Pororo, Curious George, Conch Bay, Land Before Time
(masih ingat aja wkwk)

You Might Also Like

0 Comment(s)

Beethoven Kesetrum

Beethoven Kesetrum

Flags

Flag Counter