Kegabutan yang hqq

00.26

Mz Vanya (Ivan=Vanya) 
Maaf judulnya rada-rada xD
Jadi gini nih, seperti yang kubilang di postinganku yang throwback hetalia, aku mau ngomongin lebih lanjut soal komik karamazov bersaudara.

Ceritanya tentang apa sih? Ada 3 bersaudara bernama Dmitri (Mitya), Ivan (btw di komik ini dia gak dipanggil Vanya), dan Alexei (Alyosha). Oya, 3 bersaudara ini kalau gak salah umurnya masing-masing beda 4 tahun.

Ayah mereka, Fyodor Karamazov, sifatnya bejat dan suka bermain wanita. Dia pernah menikah dengan istri pertamanya, Adelaida Ivanovna Miusov dan punya anak bernama Dmitri. Kalau Ivan dan Alyosha, dari istri keduanya yang bernama Sofia Ivanovna.

Sifat 3 bersaudara ini juga berbeda. Dmitri sifatnya mirip ayahnya dan agak emosional, Ivan orangnya pintar dan atheis, kalau Alyosha rada polos dan religius.

Setting komik ini adalah di Rusia pada abad ke-19.
Btw tolong koreksi kalau ada kesalahan kata atau apapun itu, soalnya postingan ini ter-draf dari tahun 2017, tapi baru lengkapin sekarang dan udah lama juga ga baca komik ini.

Read More


Alyosha: what the heck Ivan-niisan
                                             


                                                     
Atas: versi Indo Bawah: versi Jepang
Maaf deh kalau yang versi Jepang kurang hd :')
hore akhirnya ketemu yang hd xD

 Komik ini merupakan adaptasi dari novelnya Fyodor Dostoevsky yang berjudul The Brothers Karamazov, diterbitkan pertama kali tahun 1887 (wew, novelnya ternyata udah 2 abad X'd). Dostoevsky karyanya lebih dikenal yang 'Crime and Punishment', pernah dengar?
Yha bukan Dostoevsky yang ini juga
Komik ini terbit di Jepang pada tahun 2008, kemudian terbit di Indonesia pada tahun 2010 (anehnya aku kok malah nemu komik ini di tahun 2012 ya?). Di Jepang judulnya 'manga de dokuha: Karamazov no kyodai' dan diterbitkan oleh 'East Press'. Kalau di Indonesia.. Ya diterbitkan oleh 'Elex Media Komputindo'. 

Yah, sebenarnya ada kok seri 'world masterpiece' lain selain komik ini (cari di goodreads kalau mau lihat seri apa aja yang ada). Cuma kalau dicari tahun ini bisa dibilang seri komik ini rada langka (tbh di toko buku loak langgananku aku gak pernah nemu seri komik ini). 

Sejauh ini The Brothers Karamazov pernah berkali-kali dibuat versi filmnya, diantaranya adalah:
                                                 
Iya, aku nulis postingan ini di hp u-u
Jujur saja, aku cuma pernah lihat trailernya dan sebagian film dari The Brothers Karamazov yang 1958. Mungkin ada yang bisa ngasih saran, mana adaptasi yang paling bagus, diantara semua ini?

Para saudara
                                                   
Maaf, tapi ini yang aku pikirkan ketika melihat wajah-wajah kakaknya Alyosha..
Wajah Dimitri emang bener-bener triggered, tapi kalau Ivan sih, ga triggered banget. Karena ngomong quote legendanya "Everything is permitted."
                                                   
Nama lengkap mereka:
1. Alexei "Alyosha" Fyodorovich Karamazov (20 tahun, percayalah itu memang umurnya)
2. Dmitri "Mitya" Fyodorovich Karamazov (28 tahun)
3. Ivan Fyodorovich Karamazov (24 tahun)
                                              
Karakter lain
1. Fyodor Pavlovich Karamazov
2. Katerina Ivanovna Verkhovtseva
3. Grigory Vasilievich Kutuzov
4. Nikolai "Kolya" Ivanovich Krasotkin
5. Ilya "Ilyusha" Snegiryov
6. Agrafena "Grushenka" Aleksandrovna Svetlova
7. Bapa Zosima (setahuku dia gak punya nama lengkap)
8. Pavel Fyodorovich Smerdyakov

Dibawah ini adalah 'Stinking Lizaveta', ibu kandung Smerdyakov. 

Iya ini gambarnya di-ss dari highlight story igku

Aku bingung, ada yang bilang Smerdyakov itu umurnya antara 20 dan 24. Kalau di komik ini, ada adegan Stinking Lizaveta yang melahirkan bayi Smerdyakov di dalam gudang dan ditemukan oleh Gregory. Setelah itu timeskip ke 24 tahun kemudian, jadi otomatis dia seumuran Ivan?  Iya, emang seumuran Ivan ternyata.

Kenapa Smerdyakov tahu tentang itu (liat gambar diatas)? Kemungkinan ia dikasih tau oleh Gregory?

Ada juga cameo di komik ini. Siapa lagi kalau bukan Mikhail Osipovich Rakitin atau Rakichin di komik ini. Ternyata waktu aku googling, dia itu teman Alyosha di biara. Tapi di komiknya cuma terlihat seperti cameo dan tidak ditampilkan adegan dia dan Alyosha, makanya agak kaget.

Seperti itu.

Kalau kalian pikir Dimitri dan Ivan punya pacar, sementara Alyosha ngejomblo, jangan salah. Di novelnya, ada tunangan Alyosha bernama Lise Khokhlakov(a) dan dia kalau ga salah umurnya terpaut lebih muda dari Alyosha. Di komiknya dia ga ada, jadi ga bisa aku tampilkan.



Di tahun 2017, aku iseng baca ulang komik ini dan baru tau kalau itu diadaptasi dari novel berusia 2 abad. Soalnya aku pikir, oh penulisnya orang Rusia dan yang gambar orang Jepang, gitu. Emang ga salah sih, tapi..

Ngomong-ngomong, masih jadi misteri juga siapa yang gambar komik ini. Soalnya entah kenapa artstylenya kayak kenal dan menurutku Variety Art Works cuma semacam kelompok, karena aku liat art stylenya seri lain beda-beda.

Ralat, kayaknya komik War and Peace sama deh kayak yang gambar komik ini. Soalnya aku liat di blog orang dan ada contoh gambarnya, gambarnya mirip sama komik Karamazov.

Karena kebetulan tahun itu ga ada nafsu buat ngikutin anime apapun (sebelum tau classicaloid nih), jadi aku banyak buat fanart The Brothers Karamazov. Mulai dari beberapa karyanya Dostoevsky, sampai karya penulis Rusia lain (yang klasik juga), aku jadiin oc.

Tadinya OCku yang Karamazov sama persis seperti ini karakternya, tapi aku udah rombak lagi biar beda (contohnya, liat di postinganku yang 'OC Novel Rusia versi Picrew').

Karena hal itu, aku baru tau ada karakter penulis Rusia di Bungou Stray Dogs. Dan namanya udah familiar di aku, seperti: Fyodor Dostoevsky, Ivan Goncharov, Alexander Pushkin, dan Nikolai Gogol. Coba deh googling 'Pushkin BSD', bandingkan dengan yang aslinya, pasti pangling 😂


Ada cerita menarik beberapa bulan lalu, ada fanartist Classicaloid (orang luar negeri kok) yang di tanya jawab di IG bilang kalau dia pernah baca novelnya Dostoevsky. Terus aku dm, kasih liat potongan-potongan komik ini dan dia bilang style gambarnya jadi keinget Attack on Titan, dong :")

Waktu aku ngomongin soal karakter penulis Rusia di BSD, eh cuma di read sama orangnya. Dasar, aku sih ngomongin hal yang bukan fandomnya dia orz
Makanya itu, aku lebih berhati-hati kalau ngomongin fandomku yang lain ke orang yang gak ngikutin, di sosial media. Lebih enak ngomongin di blog malah :")


Oke, balik ke topik, jadi aku pernah iseng mewarnai halaman pengenalan karakter Karamazov bersaudara yang tadi. Aku nyoba warna berdasarkan warna tonenya mereka.

Kurang lebih begini, tapi waktu aku nemu versi berwarnanya di situs comico:

Ternyata yang aku warnai hampir benar, cuma aku kira Katerina rambutnya pirang. Dan warna komiknya kayak kecoklatan (?) aku liat, kayak cetakan komik lama
//apa


Oh ya, aku bikin fanart mereka lagi. Emang baru Ivan sama Dimitri sih, Alyosha dan Rakitin nyusul (kalau ingat).

Ini quote legendnya Ivan kalau di Bahasa Rusiakan

Terinspirasi dari incorrect karamazov quotes di tumblr


Akhir cerita, kok aku liat Ivan kalau dari depan sekilas mirip Hayato Gokudera di KHR ya? Beda warna rambut sih emang..

Agak maksa sih, tapi ya sejujurnya aku berpikir seperti itu
Ralat, ternyata lebih mirip Uryuu Ryuunosuke di Fate Zero, pernah gitu aku liat ada karakter di situs gambar, tadinya aku kira mas Vanya, ternyata Uryuu Ryuunosuke. Pantes aja kayak kenal karakter anime yang mukanya kayak si Vanya. 

Tapi kadang si Uryuu bisa mirip Italy Hetalia juga. Aku coba bandingin muka mereka. Bedanya itu: 
1. Jidatnya Vanya lebih besar dan alisnya beda dikit //plak 
2. Rambutnya Uryuu kayak merah ke orenan (?) sedangkan Vanya coklat muda.
3. Matanya Uryuu gak ada putih-putihnya (apa sih namanya)
4. Telinganya Uryuu ada piercingnya, malah kebayang Vanya modern AU ada piercingnya //jangan
5. Uryuu orang Jepang, Vanya orang Rusia dan mungkin Vanya lebih tinggi dari Uryuu (karena dia bule kan, tapi gak tau deh).

Bayangin FGO ada karakter Ivan Karamazov dan desainnya mirip kayak gini, yang ada orang malah mikir si Ivan ini alter egonya Uryuu atau reinkarnasinya //abaikan.


                                                  

Tapi bohong, sebenarnya yang paling mirip Vanya itu Masaru Daimon dari Digimon Savers. Sama-sama jenong juga. Sifatnya saja yang beda.




Aku juga merasa wajahnya mz Vanya itu memeable, seperti dia pernah bilang "gak apa" tapi mukanya kayak bilang 'bodo amat' 😂

Arti tulisannya, "Gimana perasaanmu sekarang?"

Btw jidatnya Vanya gak kenapa-kenapa kok, emang dari sananya udah kayak gitu

Ini wajah kalian pas baca postingan ini

You Might Also Like

0 Comment(s)

Beethoven Kesetrum

Beethoven Kesetrum

Flags

Flag Counter