Pengalaman Nonton Film Bersama Keluarga (longpost & spoiler warning)

18.30

Waktu buka twitter, ada akun menfess subtanyarl lewat di TL. Kalau ga salah, menfessnya tentang keluarga si sender yang selera genre filmnya berbeda-beda. Aku jadi teringat pengalamanku waktu nonton bareng keluarga.

Sejak tahun 2015, aku baru menyadari sesuatu. Belakangan ini keluargaku tertarik dengan film action, terutama superhero. Fantasi, terutama Disney juga ditonton biasanya. Kalau film Indonesia palingan yang historical. Film Cina juga nontonnya yang action.
Kadang juga ortuku ikutan nonton film animasi, kalau ada 2 alasan:
  1. Nontonnya tengah malam
  2. Gak ada pilihan film lain
Intinya, keluargaku gak suka sama film horor.
Sebenarnya di tahun 2015 keatas, keluargaku mulai nonton beberapa film yang lagi trending (ya, kecuali horor). Cuma aku ceritain yang aku ingat aja disini. 

Kalau misalnya aku mau nonton film yang bukan termasuk genre yang aku sebutkan diatas, yang ada ortuku nyuruh aku nonton bareng adikku. Kalau adikku gak mau, jadinya aku nonton sendiri.
 
 

Awalnya

Waktu masih di Bontang, aku sama sekali belum pernah ke bioskop. Tapi, sempet punya koleksi dvd. Kayaknya sih belinya di Samarinda. Aku kadang nyetel dvd film animasi di rumah.

Inget kan, kalau dulu Dancow pernah bonusin CD kartun? Nah, aku dulu juga suka koleksi CDnya dan pernah nyetel di rumah juga.

Waktu pindah ke Denpasar, baru deh sekeluarga nonton di bioskop. Seingatku, film pertama yang aku tonton di bioskop itu Laskar Pelangi dan nontonnya di Mal Bali Galeria. Saat itu aku masih kelas 3 SD (tahun 2008).

Abis nonton filmnya, aku jadi suka nyetel soundtracknya (iya, aku ada beli kaset soundtracknya) dan bikin fanart Laskar Pelangi.

Habis itu, keluargaku juga pernah nonton: Sang Pemimpi, Meraih Mimpi, Merdeka, The Last Airbender, 2012, Alice in Wonderland, dan G.I. Joe. Ya, seingatku cuma segitu yang ditonton di bioskop.

Aku waktu nonton Sang Pemimpi, kayak.. ga ngerti gitu. Karena aku masih SD kali ya, padahal rada ngeh pas nonton Laskar Pelangi.  //dasar aku
Mungkin kapan-kapan aku coba rewatch Sang Pemimpi. Tapi aku suka dengerin soundtracknya, termasuk lagunya Ungu yang Cinta Gila.

Kalau film Meraih Mimpi dan Merdeka, itu aku nontonnya di Malang. Waktu itu Batos belum ada bioskopnya, jadi kalau mau nonton bioskop ya ke Malang kota.

Sepertinya Meraih Mimpi itu film animasi yang pertama kali aku tonton di bioskop. Dan Merdeka itu film historical yang pertama kali aku tonton di bioskop. Aku inget betul waktu itu yang nonton film Merdeka dikit banget di bioskop.

Aku kalau liat ulasan film itu, biasanya liat di majalah Bobo dan Kiddo (eh XY kids juga ding). Cuma sepertinya film Merdeka sama sekali belum pernah dibahas majalah tersebut (wajar sih, orang itu bukan film anak-anak).
-
The Last Airbender, 2012, Alice in Wonderland dan G.I. Joe aku dan keluargaku nontonnya di Denpasar.  Kesan pertamaku waktu nonton ketiga film tersebut? Ya beginilah:
-
The Last Airbender: Sebenarnya seneng sih pas liat kartun Avatar jadi film live action, tapi menurutku pemainnya kayak ga pas gitu (?)
-
2012: Waktu nonton, sempet mikir apa iya di tahun 2012 bakal ada kejadian seperti itu? Sebenarnya antara percaya gak percaya juga, tapi kata ortu sih jangan terlalu dipikirin (soal masa depan).
Hhh tau nggak, aku di tanggal 21 Desember 2012 yang lagi di sekolah berpikir "ini kok belum ada tanda-tanda kiamat ya"
-
Alice in Wonderland: wah akhirnya bisa liat Alice versi live action :"
Aku pas ngeliat ratu yang merah jadi keinget Jeng Kelin //eh
-
G.I. Joe: jujur sih, kesanku sama kayak waktu nonton Sang Pemimpi. Aku juga ga terlalu ngikutin franchise G.I. Joe :")
-
Ada yang ketinggalan, keluargaku dulu juga pernah nonton film Avatar yang makhluk biru itu. Aku dulu takjub banget dengan CGI karakter birunya. Denger-denger katanya bakal ada sekuelnya ya? 
-
Keluargaku juga pernah nonton Night at The Museum, rasanya seru juga kalau tokoh yang ada di museum bisa hidup seperti itu, hehe.


2013

Begitu aku SMP,  film yang ditonton keluargaku di bioskop mulai bertambah. Misalkan saja, waktu liburan ke Balikpapan tahun 2013. Ortuku pingin nonton Man of Steel, tapi kayaknya belum main atau gimana. Akhirnya aku dan adikku nonton Monsters University.
Pas nonton Monsters University, ternyata itu cerita sebelum Mike dan Sulley di Monster inc. Aku ingat pas adegan grup mereka endap-endap di perpus, terus di sebelah bangkuku ada yang bilang "kapan selesainya?"
Aku juga sempet beli versi komiknya di toko buku.
-
Lalu, di akhir tahun 2013, keluargaku nonton Thor The Dark World. Itu film Marvel yang pertama kali aku tonton. Sejak itu, aku jadi terobsesi sama Thor dan Loki, sampai koleksi fanartnya di tablet segala. Aku juga jadi suka hal tentang Nordik.
-
Waktu liburan ke Jakarta, keluargaku nonton Frozen. Maaf, tapi aku yang jarang liat bangunan tinggi jadi takjub ada banyaaak bangunan tinggi di Jakarta. Aku inget, lift mall di tempat aku nonton Frozen itu sampai rame banget.

Habis nonton Frozen, dibilang gini sama ortu, "nah, cinta sejati itu antar saudara, bukan sama pacar." Kalau ga salah sih gitu.
-
Waktu menjelang tahun baru, film Avengers ditayangin di tv lokal. Auto nonton deh.

2014

Di tahun 2014, keluargaku nonton John Wick. Wih, sepanjang film tembak-tembakan terus xD 
Kata ortuku, adegan di film tadi jangan dipikirin, kan cuma film. Tenang aja, aku kuat kok sama film begituan //halah
-
Beberapa bulan kemudian, keluargaku nonton Amazing Spiderman 2. Aku nyadar sih kalau aktornya Spiderman di film itu beda sama film Spiderman sebelumnya (sebelum Amazing itu). Habis nonton film itu, aku jadi naksir sama Harry Osborn, sampai pernah bikin fanart dia segala.
-
Film Guardians of The Galaxy keluargaku juga pernah nonton, pokoknya sejak tahun itu film Marvel diembat semua sama keluargaku. Sejak itu ortuku jadi suka bilang "i'm Groot."
-
Juga X-Men Day Of Future Past, dari situ aku kenal Quiksilver (namanya kayak merk baju). Aku juga pernah fanartin si Quiksilver.
-
Di tahun yang sama, nonton Comic 8. Itu lho, film aksi komedi yang pemerannya ada para komika (stand up comedian). Tapi, kok tumben keluargaku nonton film Indo genre begini? Karena biasanya nonton film Indo genre historical sih.
-
Akhir tahun 2014, keluargaku nonton Big Hero 6. Pokoknya aku sama sekali ga bisa move on dari film itu. Aku juga baru tau kalau karakter di film itu berdasarkan karakter Marvel! Tapi desain karakternya beda.
-
Aku lupa bilang, di tahun itu ortuku kadang suka beli majalah Cinemags.

2015

Di tahun 2015, seingatku habis tahun baru, keluargaku nonton Ip Man 3.  Aku sampai tegang nonton aksinya dan lucu aja gitu liat mukanya si Ip man rada datar (kadang pernah senyum juga sih xD). Waktu nonton yang pertama dan kedua di tv lokal juga gitu.
-
Kalau gak salah sekitar pertengahan 2015, di Lippo Mall Kuta ada bioskop baru, yaitu c*nemaxx. Biasanya sih disini bioskopnya X*I  dan tempat nontonnya antara Mall MBG , Park 23 dan Beachwalk.
Yang bikin aku seneng ada bioskop Cx itu, biasanya suka nayangin film anime. Makanya belakangan ini kalau ada film anime rilis, pasti ke bioskop itu.
Film yang pertama kali ditonton di bioskop Cx adalah Chappie. Aku inget di filmnya ada aktor yang jadi Zuko di Last Airbender. Dari film itu juga, ada personil band asal Afrika Selatan, yaitu Die Antwoord. Di filmnya juga ada lagu mereka.

Aku suka banget sama popcorn manisnya bioskop Cx. Biasanya beli sama milo. Kalau bioskop X aku suka popcorn asin dan milo dinosaurus.
-
Setelah itu, kami nonton Avengers Age of Ultron. Eh ada Quiksilver di filmnya, tapi penampilannya gak kayak di X-Men. Disitu rada brewokan. Aku juga baru tau dia punya adik, namanya Scarlet Witch. Abis nonton, aku suka liat fanart Quiksilver versi Avengers dan X-men saling memandang satu sama lain. 
Aku juga bikin fanart Avengers AOU versi Mitsudomoe.
-
Kemudian, aku udah jadi anak SMK dan ketika aku buka situs bioskop Cx, ada film Love Live. Aku waktu itu cuma pernah main gamenya, tapi pingin nonton. Biar tau gimana rasanya nonton anime di bioskop :p
Seperti biasa, aku dan adikku saja yang nonton. Ortuku jalan-jalan di mall. Kalau yang aku liat, filmnya ada 2 subtitle, Indonesia dan Inggris.
-
Kayaknya di tahun 2015, kami (sekeluarga ini) pernah nonton film Asterix di bioskop Cx. Jadi inget waktu nonton itu ada anak kecil nanya ke bapaknya, nanya filmnya Bahasa apa. Sama bapaknya dijawab Bahasa Itali. Padahal itu film Prancis xD
-
Tambahan: ortuku nonton James Bond Spectre, karena itu film dewasa, aku dan adikku gak diajak nonton. Aku dan adikku cuma hooh aja pas dibilang gitu.


2016

Di tahun 2016, ada film Deadpool. Eh jujur waktu sekeluarga nonton itu rasanya awkward banget dan rasanya beda sama film marvel yang kutonton (ya ini emang mcnya anti hero sih). Pas ada adegan 'ehm', aku dan adikku langsung mengalihkan pandangan dari layar bioskop. 
Ayahku yang nonton cuma bingung sama cerita filmnya.
Sempet juga ditanya temen satu sekolah, "ada spidermannya gak?" aku bilang, nggak ada.
 
👆Persis kayak gitu ayahku waktu
Itu
-
Captain America Civil War, ini nih film yang sempet bikin rame bioskop waktu itu. Kalau yang nonton rame, biasanya pasti sisa bangku depan ataupun sisa salah satu bangku di pertengahan bangku. Kalian tim apa? aku tim Iron Man.
-
Superman vs Batman, sepertinya karena beberapa tahun lalu gak sempet nonton Man of Steel, jadinya keluargaku nonton ini. Kaget juga waktu itu ada Wonder Woman muncul di pertengahan film (kalau ga salah?).
-
Seingatku di pertengahan Agustus, aku kan udah kelas 11 dan lagi magang. Nah, kan lagi rame film Suicide Squad. Aku yang gak nonton cuma curi dengar karyawan-karyawan tempat aku magang yang lagi ngomongin filmnya. Udah gitu, soundtrack filmnya suka disetel di tempat aku magang (seriusan).

Pas karyawannya nyetel video klip Purple Lamborgini, dia bilang gini, "wih, ada Joker nok!"
Di filmnya, Jokernya emang beda (baik aktor maupun penampilannya) dengan di film Batman sebelumnya.

Waktu itu yang nonton squad bunuh diri cuma ortuku, aku sama adikku disuruh nonton Secret Life of Pets.
Tapi jangan khawatir, aku di masa depan udah nonton dvd Suicide Squad kok (ga nanya).
Aku pas nonton sebenarnya suka sama soundtracknya, apalagi Bohemian Rhapsody dan You Don't Own Me. Cuma, gimana ya, sepertinya karakter selain Joker dan Harley Quinn kayak.. terlupakan gitu. Aku suka sama Enchantress.
-
Fantastic Beasts, film itu merupakan cerita sebelum ada Harry Potter. Pas nonton, ortuku bilang 'kok mirip harry potter (vibenya mungkin)?' Padahal kan yang bikin novelnya FB  sama kayak yang bikin novel Harpot :p
-
Pas nonton Doctor Strange, aku inget pemerannya si Doctor Strange itu pernah main di seri Sherlock Holmes. Ga nonton serinya sih, tapi sering liat fanartnya di internet. Aku ingat pas si Strange mau nawarin sesuatu ke Dormammu diulang-ulang terus sampai pada ketawa yang nonton.

2017

Seingatku, awal tahun 2017. Ada mall baru namanya Level 21 dengan bioskop X.
-
Tahun 2017, aku dan adikku nonton film Ballerina. Pengisi suaranya ada Dane Dehaan, Elle Fanning, sampai Carly Rae Jepsen. Walaupun gak bisa liat mukanya Dane Dehaan, yang penting bisa denger suaranya //heh
Carly Rae Jepsen juga jadi pengisi lagu di ending credit filmnya, judul lagunya Cut to the Feeling.
-
Kira-kira di awal tahun di Batos (padahal namanya Lippo Mall Batu, masih aja dipanggil Batos) udah ada bioskop Cx. Kebetulan waktu itu lagi mau pergi ke Batu dan filmnya Guardians of Galaxy 2. Jadi keluargaku sama keluargaku di Batu (masing-masing 8 orang), nonton film itu.
Seingatku bioskopnya lagi promo popcorn, makanya di rumah sepupuku ada 8 buah popcorn asin dan manis.
Sepertinya sih bioskop Cx di Batu gak pernah nayangin film anime?
-
Beauty and The Beast, Emma Watson yang biasa dikenal sebagai Hermione menjadi Belle di film ini. Beastnya ganteng pas jadi manusia dan ternyata dia pernah main jadi Sir Lancelot di Night at the Museum. Di film ini, lagu Beauty and The Beast dinyanyikan oleh Ariana Grande dan John Legend.
-
Logan, waktu ortuku liat si Worverine agak kaget gitu liat dia jadi tua. Tapi aku takjub sih liat si X23 dan temen-temennya. Sepertinya sih aku pernah liat X23 versi komik di majalah Wizard.
-
Spiderman Homecoming, aktor spidermannya beda lagi sama yang waktu itu. Masa kata ortuku ceritanya konyol. Tapi lucu juga sih liat Spiderman jadi imut dan bibinya jadi lebih muda xD
-
Justice League, ini nih berbagai macam superhero DC dalam satu film. Yang jadi Flash itu pernah main di Fantastic Beast (Ezra Miller nama aktornya), kata ortuku sifatnya mirip Spiderman yang homecoming xD
Terus ada Cyborg, biasanya Cyborg gabung sama Teen Titans. Katanya sih Teen Titans bakal ada live actionnya (eh, apa serial tv?)
Pas aku liat Aquaman versi film, keliatan lebih manly gitu dibanding di komik xD
-
Baby Driver, asyik gitu dengerin lagu-lagu yang ada di film ini. Aku kenal sama yang jadi Baby, dia pernah main di Divergent (tau aja, tapi ga nonton Divergent). Cewek yang jadi pelayan di film ini juga pernah main di Cinderella. Ada Jamie Foxx juga. Inget burung kuning yang di film animasi Rio? Nah itu si Jamie Foxx yang suarain.
-
Ghost in the Shell, aku pernah punya animonster gambarnya animenya GiTS. Karakter utamanya diperankan oleh aktrisnya Black Widow. Aku terpesona liat pemandangan kotanya. Ortuku baru tau kalau itu diadaptasi dari manga pas aku dan adikku yang kasih tau.
-
Blade Runner 2049, grafisnya menurutku estetik banget walaupun tadinya rada ga ngerti sama ceritanya. Ternyata filmnya itu lanjutan dari film tahun 80an yang judulnya Blade Runner dan dibintangi Harrison Ford. Di Blade Runner 2049 juga ada Harrison Ford sih, tapi udah tua xD
Film ini (yang tahun 80an dan 2017) juga diadaptasi dari novel berjudul Do Androids Dream of Electric Sheep?
Fyi, ayahku tau Harrison Ford dari film Indiana Jones. Aku waktu sahur beberapa Bulan yang lalu (iya, tahun ini), pernah iseng nonton Indiana Jones di tv lokal. 
-
Kartini, kayaknya ini film yang pertama kali aku tonton di Level 21. Aku inget waktu itu banyak anak kecil nonton di kursi paling bawah. Soundtrack yang ada di film ini adalah Memang Kenapa Bila Aku Perempuan, oleh Melly Goeslaw dan Gita Gutawa.
-
Waktu nonton Kingsman (golden circle), aku suka banget sama stylenya Eggsy cs. Padahal itu belum nonton yang pertama. Aku paling suka si Harry Hart. Hehe, di bagian ada orang digiling jadi daging burger, aku cuma bisa ternganga liatnya (ya gak takut juga sih).  Waktu itu yang nonton ibuku, aku, sama adikku. Ayahku lagi ketemu tamu, tapi akhirnya seminggu kemudian nonton juga di Surabaya.
-
Valerian, ini diadaptasi dari komik scifi asal Prancis. Bayangkan gimana kalau Harry Osborn dan Enchantress ketemuan, karena karakter utamanya film Valerian adalah 2 aktor dan aktris tersebut. Yang aku suka adalah pas ke planet-planet dan makhluk planetnya unik-unik xD
-
Thor Ragnarok, jadi inget waktu itu nonton bareng sama temennya ayahku. Di filmnya ada karakter baru namanya Hela. Dia itu kakaknya Thor dan Loki. Eh tapi, kalau di anime Matantei Loki Ragnarok (dan mitologi Nordik), Hela itu anaknya Loki.
-
Beyond Skyline, film ini sekuel dari film Skyline. Tapi di film sebelumnya belum ada Yayan Ruhiyan dan Iko Uwais. Waktu mau ending, terlihat mereka lagi syuting di candi prambanan. Pas itu ortuku bilang, "lho itu kan candi prambanan."
-
Mungkin ini sedikit OOT, tapi masih ada hubungannya dengan film dan seru kalau diceritain. Di Bulan Oktober, keluargaku pergi ke Secret Garden di Bedugul. Disitu ada pembuatan kopi, pembuatan produknya h*rborist (ada tokonya segala), dan ada kafenya. Kita juga bisa liat pemandangannya. 
Nah, di suatu tempat di Secret Garden (lupa dimana), ada diputarin film Jumanji. Jumanji tahun 90an pokoknya. Tadinya ada beberapa orang, termasuk keluargaku yang nonton. Tapi lama-lama tinggal keluargaku yang nonton sampai filmnya selesai.
Terus, ada anak kecil yang iseng masuk ke tempat kami nonton itu bilang gini "ih itu film hantu ya." Ya ampun ngakak xD
-
Kemudian, waktu liburan Desember, keluargaku ke Surabaya. Disitu kami nonton Jumanji yang baru. Wih ada Dwayne Johnson dan Nebula, eh Karen Gillan di filmnya. Terus pas si Karen beraksi, ada lagu Baby I Love Your Way oleh Big Mountain diputar. Uuu baby I love your way. 
Jumanji yang baru ini emang beda sih sama Jumanji yang dulu, tapi keluargaku masih bisa menikmati kok.
-
Waktu beberapa hari pulang dari liburan Desember, keluargaku yang dari Batu datang ke rumah. Kami berdelapan nonton The Greatest Showman. Habis nonton, rasanya jadi pingin ke sirkus //eh
Unik aja gitu liat orang-orang yang ada di sirkusnya si P.T. Barnum dan soundtracknya bagus-bagus. Tadinya sih ortuku kayak kecewa gitu liat Wolverine di Logan, tapi di Greatest showman liat aktornya lagi, lumayan kehibur sih ^^

2018

Tahun 2018, kalau gak salah mulai ada mall baru dan bioskop baru. Yaitu Plaza Renon dengan bioskop Cx. 
-
Black Panther, seru banget eyy ceritanya, aku jadi suka si Okoye :"
Ada Martin Freeman juga di filmnya, berarti para karakter utama Sherlock Holmes pada ngumpul di Marvel dong //plak
Aktornya sepupunya si Black Panther itu pernah main di rebootnya Fantastic Four (tahun 2015).
-
Murder on the Orient Express, hhh sebenarnya keluargaku rada jarang sih nonton film detektif, apalagi ayahku gampang ngantuk kalau nonton film yang banyak ngomongnya. Tapi untungnya gak jadi ngantuk pas nonton film ini. 
Aku tau sih kalau film ini dari novelnya Agatha Christie, tapi entah kenapa denger nama Hercule Poirot aku keinget karakter di Milky Holmes ya?! //diemkamu
-
Deadpool 2, tau nggak, ortuku ngira ada Wiro Sableng gara-gara trailernya (ternyata gak ada). Di film ini gak ada adegan 'itu' kayak film sebelumnya, setidaknya tidak bikin awkward (?)
Tapi ya, tetep aja ayahku cuma "hah?" pas nonton, kayak film sebelumnya.
Masa pas ada adegan Deadpool badannya kebelah jadi dua, ada anak kecil ketawa disebelah bangkuku x'D
Di film ini juga ada pemerannya Thanos, tapi tentu saja jadi karakter lain.
-
Aquaman, si Aquaman waktu kecil ganteng juga, pas udah dewasa jadi manly hehe. Ibunya Aquaman juga cantik. Entah kenapa karena MCny juga ada brother issues, jadi keinget... dewa petir (beda server sih, tapi kan T-T)
-
Avengers Infinity War part 1, ini lagi film yang bikin rame bioskop pada masanya. Terlebih lagi karakter di Guardians of Galaxy pada gabung sama Avengers. Adikku sempet kesel di adegan mau akhir film.
-
Red Sparrow, rasanya baru kali ini liat Jennifer Lawrence jadi mata-mata Rusia, kata ortuku. Seperti biasa, pas ada adegan 'itu' aku dan adikku langsung memalingkan muka. Diangkat dari novel berjudul sama, penulisnya ternyata agen CIA.
-
12 Strong, disini Chris Hemsworth (si Thor) jadi tentara AS di Afghanistan. Keren banget aksinya dia T-T
Sebenarnya film ini berdasarkan novel nonfiksi berjudul Horse Soldiers. 
-
Christopher Robin, bayangkan saja Christopher yang biasa main bareng Pooh cs., beberapa tahun kemudian menjadi dewasa. Aku kok ngerasa si Christopher dewasa ganteng ya? :" pingin gambar dia gak keturutan terus.
Waktu itu aku nonton ini bareng adikku.
-
Solo Star Wars Story, ini film yang keluargaku tonton pas Bulan puasa. Walaupun film spin off dari Star Wars, keluargaku tetep enjoy aja nontonnya. Oh iya, pas mau di akhir film, bioskopnya sempet mati lampu, tapi abis itu ditayangin lagi kok adegan di akhir film.
-
Buffalo Boys, ini film Indo yang waktu itu penontonnya dikit (mungkin karena dulu lagi rame-ramenya film Solo kali ya). Kalau ga salah, setting film ini di Indonesia zaman penjajahan Belanda. Walaupun 2 karakter utamanya berpenampilan seperti koboi. Eh, salah satu pemeran karakter utamanya itu cosplayer loh.
-
Si Doel, diadaptasi dari serial tv tahun 90an. Lagu openingnya "anak betawi, ketinggalan zaman, katenye." Di filmnya juga ada lagu openingnya, tapi dinyanyiin sama band Armada. Ortuku yang ngebet nonton (film) ini. Pokoknya film ini tentang percintaan si Doel dan film ini dibagi jadi trilogi (dari tahun 2018 sampai 2020). Tapi tentu saja, yang bikin rame itu karena ada Mandra, hehe.
-
Wiro Sableng, diadaptasi dari novel berjudul sama. Film ini kerjasama dengan 20th century fox, sampai bikin orang-orang di TL antusias. Si Wiro rada konyol di filmnya, kata ortuku.
-
The Incredibles 2, ini sequel dari film The Incredibles yang rilis 14 tahun lalu (lama juga ya). Ini juga keluargaku nonton bersama keluarga di Batu. Kalau gak salah, ada adegan orang-orang dihipnotis gitu(?) Pokoknya ada gambar di layar yang berkedip, intinya rada triggering buat yang punya epilepsi.
-
Hunter Killer, judulnya keliatan keren, tapi itu sebenarnya nama sebuah kapal selam. Aku pingin nonton ini karena ada Gary Oldman. Yang aku tau sih, Gary Oldman itu pernah main jadi Beethoven di Immortal Beloved (film zaman kapan ini)
-
Ini film-film yang ditonton ortuku:
Crazy Rich Asian, waktu itu keluargaku dab keluarga temennya ayahku ke mall. Katanya film CRA itu ada ciuman-ciumannya, makanya aku, adikku, dan kedua anaknya keluarga temen ayahku itu didrop di Timezone.

Mission Impossible Fallout, tadinya cuma ortuku yang nonton. Aku lupa waktu itu aku dan adikku lagi nonton apa, terus ortuku nonton itu. Pas ortuku selesai nonton, aku dan adikku ditawarin nonton berdua, adikku nolak. Aku pingin sih, tapi kalau cuma sendiri ga mau.
-
Johnny English Strikes Again, ini film yang pertama kali aku tonton sendiri. Ya walaupun termasuk film action (eh lebih ke komedi sih), katanya ayahku ga tertarik pas liat trailernya. Bahkan ibuku dan adikku juga. Ya udah aku jadinya nawarin nonton sendiri, mereka bertiga nonton film yang lain (lupa judulnya aku).
-
Hotel Transylvania 3, aku inget waktu itu nonton ini sama sepupu. Di film ini, keluarganya Dracula liburan naik kapal pesiar dan dia suka sama kaptennya kapal bernama Ericka. Ada juga lagu ajeb-ajeb dari DJ Tiesto.
-
Waktu itu omaku datang ke rumah, jadi bareng keluargaku, kami nonton film berikut:
Mile 22, waktu nonton ini agak bingung sama jalan ceritanya, tapi yang penting bisa liat Iko Uwais.
The Equalizer 2, waktu itu omaku ikutan tegang nonton filmnya. Yang jadi karakter utamanya pernah main di The Book of Eli (belum nonton sih, cuma tau dari majalah film).
The Darkest Minds, tentang anak-anak yang punya kekuatan super. Berdasarkan novel berjudul sama. Endingnya kayak gantung gitu, tapi kayaknya gak mungkin ada seri kedua.
-
The Spy Who Dumped Me, seingatku sih tentang dua cewek yang lagi jalanin misi yang berhubungan dengan pacarnya si cewek rambut item. Si cowok ini agen CIA gitu. Waktu mereka ke Austria, ada topi gambar Mozart segala. //gapenting
-
Overlord, eh ini gak ada hubungannya sama anime Overlord ya, walau judulnya sama. Plotnya aja juga beda. Overlord yang ini settingnya saat perang dunia kedua dan karakter utamanya tentara gitu. Waktu itu cuma dikit yang nonton filmnya, mungkin karena para pemerannya kurang dikenal, kali ya.
-
Skyscrapper, sebenarnya acrophobiaku kumat pas nonton ini, tapi aku diam saja karena ini cuma film. Rada deg-degan sih pas si Dwayne mau nyelamatin anaknya di tempat tinggi itu hhh.
-
Peppermint, waktu pulang ke rumah, ayahku langsung menggebu-gebu pas cerita soal film ini, katanya kayak John Wick versi cewek. Gak salah sih. Karakter utamanya itu diperankan oleh Jennifer Garner, aku inget dia pernah main di film Elektra (tau dari majalah Wizard sih).
-
Ready Player One, ini juga salah satu film yang aku gak bisa move on. Soalnya ada banyak referensi pop culture di filmnya. Aku dan adikku langsung "!!" pas liat referensi pop culture yang kami kenal.
Guys, ada yang tau gak film yang ada referensi pop culturenya selain film ini dan wreck it ralph? Kalau ada, komen ya, lagi pingin nonton yang sejenis ini.
-
Teen Titans Go To the Movies, ini film animasi 2D yang diproduksi DC. Seingatku serial kartunnya sering ditayangkan di Cartoon Network. Lucu aja gitu denger cara Starfire ngomong, di subtitlenya pasti ada kata "-sih". Ada beberapa karakter DC lain yang jadi cameo.
-
Big Brother, gimana rasanya kalau Donnie Yen jadi guru? Di film ini Donnie yang jadi guru menghadapi kenakalan remaja yang ada di kelasnya. Menurutku filmnya lumayan sih, aku paling suka di adegan salah satu muridnya yang tomboy.
-
Fantastic Beasts 2, ortuku kaget pas ada Nagini dan Dumbledore muda di filmnya. Kan waktu itu udah aku ingetin ke ortu, kalau ini cerita sebelum Harry Potter. Aku agak bingung sama cerita film yang kedua ini.
-
Ralph Breaks The Internet, ini sequel dari film Wreck it Ralph. Dari trailernya, keliatannya menarik karena ada referensi pop culture dan ada para Disney Princess ketemuan. Anehnya ortuku gak ikut nonton film ini, padahal film Disney.
-
Searching, oke aku akui film ini agak unik, soalnya plotnya divisualisasikan dalam layar laptop. Para pemerannya juga tampil di layar laptop. Aku belum pernah nonton Unfriended, tapi kata orang sih, film Searching konsepnya teringat film Unfriended.
-
Alpha, MCnya yang pernah main jadi Nightcrawler di X-Men. Setting filmnya di zaman es dan karakternya ngomong sedikit pake Bahasa mereka. Pas si karakter utamanya ngomong "Ayah" dan dia emang lagi nyari bapaknya, ayahku bilang, "lho kok ayah?"
-
Venom, oh aku inget dia ini musuhnya Spiderman di Spiderman 3. Tapi aktor yang jadi Venom beda di film ini dan gak ada Spiderman di film ini. Aku suka sama lagu ending creditnya, yaitu Venom yang dinyanyikan oleh Eminem.
-
Bohemian Rhapsody, film ini yang bikin aku jadi suka band Queen. Pasti tau kan lagu-lagu terkenalnya band Queen, ada beberapa yang disetel di film ini. Lengkapnya liat di postinganku yang sebelumnya.
-
Bumblebee, ini juga film spin off, tapi dari Transformers. Ada Hailee Steinfeld dan John Cena di filmnya. Hailee itu aku taunya dia penyanyi, ternyata pernah main di Pitch Perfect. Di film ini, Bumblebee bersahabat dengan cewek yang diperankan oleh Hailee. Karena settingnya tahun 80an, disini juga ada beberapa lagu tahun 80an yang diputar, seperti Never Gonna Give You Up misalnya.
-
Mary Poppins Returns, diadaptasi dari buku anak-anak berjudul sama. Settingnya di Inggris tahun 1930an. Maaf, Jujur aja, entah kenapa aku gak bisa menikmati filmnya ya? :")

 Padahal biasanya biasa aja pas liat film musikal (walau jarang nonton genre itu). Apa karena aku yang terlalu tua (masih 19 tahun sih aku tahun itu hh) atau gara-gara keseringan nonton film 17+?

2019

Tahun 2019, kira-kira di awal 2019 sudah ada mall baru, TSM Bali. Waktu mallnya baru buka, ramenya minta ampun. Tapi waktu itu belum ada mainannya sih. Bioskop disitu namanya bioskop X. Bioskopnya lumayan luas sih, kayak di Level 21.
-
Terlalu Tampan, diadaptasi dari webtoon Indo berjudul sama. Sebenarnya emang konyol sih premisnya, tapi disitu menariknya. Ada 4 anggota keluarga yang tampan, termasuk emaknya juga. Bahkan nama-namanya juga ngakak 😂 

Tiap Mas Kulin ke sekolah, pasti cewek-cewek pada pingsan. Mas Kulin sebenarnya lebih tertarik pada cewek yang biasa saja. Cerita di film ini beda dengan di webtoonnya. Jadi inget kursi bioskop disebelah adikku, orangnya ngakak teroos sepanjang film.
-
Glass, kami nonton ini karena trailernya keliatan menarik. Karena ada Nick Fury dan Professor X juga. Pas nonton, jadi bingung karena pas mau ending, ketiga karakter utamanya pada.. ya gitu. Habis nonton, baru tau kalau itu ada hubungannya dari film Unbreakable (2000) dan juga spin off Split (2017).
-
Mat and Mou, diadaptasi dari novel berjudul sama, Film Indo tentang 2 sahabat bernama Matthew dan Mouretta. Sejak kecil sampai sekarang mereka bersahabat walaupun sifat mereka bertolak belakang. Waktu itu adikku yang mau nonton ini (kok tumben?).
-
Alita Battle Angel, sama kayak Ghost in the Shell, film ini juga diadaptasi dari manga. Genrenya juga sama-sama sci-fi. Yang ini, muka karakter utamanya pakai CGI (seingatku), makanya matanya bisa besar gitu hehe. Rada kaget pas anjingnya Alita dibunuh, tapi ga ditampilin sih. Katanya di animenya ditampilin. :"
-
Keluarga Cemara, "harta yang paling berharga, adalah keluarga." Itu adalah soundtrack dari film Keluarga Cemara yang dinyanyikan BCL. Dari film ini, kami kenal Zara JKT48 yang berperan sebagai Euis. Euis yang ini paling suka ngedance bareng teman-temannya :p
-
Captain Marvel, sepertinya dari sini istilah kucing oren barbar muncul. Soalnya ada Goose si kucing oren yang ngelawan musuh. Jadi inget post creditnya si Goose muntahin tesseract, iya itu aja 😂
-
Hotel Mumbai, asli tegang banget abis nonton ini. Awalnya tenang aja, abis itu langsung jadi tegang pas ada terorisnya. Paling inget di bagian cewek yang punya pacar bule (lupa namanya), dia berdoa pas ditodong terorisnya.
-
Shazam, bayangkan jika kamu anak kecil dan punya kekuatan super, tapi kamu juga jadi dewasa waktu mengaktifkan kekuatan tersebut. Gak cuma karakter utamanya, 5 'saudaranya' yang ada di panti asuhan juga berubah di akhir film. Film ini diangkat dari komik DC. Tau nggak, dulu komik Shazam namanya Captain Marvel lho (dan kedua film live actionnya rilisnya juga di tahun yang sama).
-
Hellboy, ini pernah sering diomongin di timeline karena ada adegan yang di-cut. Emang benar ternyata. Hellboy ini adalah reboot dari film sebelumnya. 
-
Avengers Endgame, pertama kali liat judulnya, keinget lagunya Taylor Swift. Waktu di akhir film yang karakter-karakternya lagi berkabung, ada anak kecil yang di film Iron Man. Film ini yang paling ditunggu-tunggu orang pada masanya, kadang kangen juga masa-masa itu :")
-
Gundala, diadaptasi dari komik Indo jadul berjudul sama. Ini adalah film pertama dari Bumilangit Universe. Kata orang sih, filmnya punya vibe kelam kayak filmnya DC kebanyakan, mungkin karena sutradaranya biasa nyutradarain film horor kali (?)
Entah kenapa ortuku kecewa sama film ini dan agak bingung kenapa sharing universe sama Sri Asih (di akhir filmnya).
-
Pokemon Detective Pikachu, bayangkan saja Pikachu dengan suara Deadpool. Ternyata emang bener dong, pake suara Deadpool 😂 Diadaptasi dari game berjudul sama, di film ini ada banyak jenis Pokemon selain Pikachu. Di akhir film ada Ryan Reynolds loh.
-
John Wick 3, Film ini menurutku masih seru buat ditonton, seperti seri sebelumnya, Ada lagu Vivaldi yang Winter juga. Pasti udah pada tau ada Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman di filmnya. Katanya bakal ada film yang keempat di tahun 2022.
-
Touken Ranbu, film live action ini adaptasi dari game browser berjudul sama yang pernah ngehype di tahun 2015. Karakternya merupakan personifikasi pedang Jepang versi ikemen. Para pemeran pedang ikemen ini sebelumnya pernah main di stageplaynya Touken Ranbu. Walaupun ini film live action, menurutku masih bisa dinikmati.

Aku inget aku nonton ini di bioskop Cx di Sidewalk Jimbaran, karena filmnya cuma ada disitu. Sampai rela jauh-jauh ke Jimbaran demi pedang ikemen :")
-
Aladdin, mungkin pada kaget liat Will Smith jadi jin, tapi abis itu biasa aja liatnya. Tentu saja ada lagu A Whole New World saat Jasmine dan Aladdin berkeliling dengan karpet ajaib, tapi di film ini dinyanyikan oleh Zayn dan Zhavia Ward.
-
Men in Black International, film ini paling diantisipasi karena bisa lihat Thor dan Valkyrie jadi mata-mata. Film ini merupakan spin off dari film Men in Black yang dibintangi Will Smith. Walaupun ada yang bilang film spin off biasanya lebih bagus dari franchise utamanya, tapi entah kenapa gak berlaku dengan film ini. Alurnya makin membosankan ditengah-tengah.
-
Spiderman Far From Home, sequel dari reboot Spiderman yang sebelumnya. Yang ini alurnya lebih mendingan dari yang Homecoming. Diperkenalkan juga villain baru, Mysterio. Lucunya, Nick Fury yang ada di film ini ternyata bukan Nick Fury asli.
-
Stuber, tentang pengemudi taksi yang mengantarkan Dave Bautista yang jadi detektif. Di awal juga ada Karen Gillan dan Iko Uwais. Lumayan deh bisa liat pemerannya Drax lagi :")
-
The Lion King, poster filmnya lucu gitu liat Simba kecil. Para binatang di film ini tampil dengan animasi CGI. Di trailernya juga ada lagu awimoweh awimoweh.
-
Hobbs & Shaw, spin off dari Fast and the Furious. Di film ini tidak terlalu ditonjolkan soal balapan mobil, tapi lumayan seru. Si duo botak Hobbs dan Shaw awalnya suka bertengkar, tapi lama-lama akur juga waktu jalanin misi. Paling seru pas ke kampungnya Hobbs di Samoa. Dia sampai dilempar sendal sama ibunya dan keluarganya bersatu melawan musuh.
-
Bumi Manusia, diadaptasi dari novel berjudul sama. Sempat jadi kontroversi karena katanya Iqbaal Ramadhan gak cocok jadi Minke. Tapi lucu juga sih lihat Iqbaal dengan kumis tipis xD
Pemerannya Anneliese juga cantik. Kira-kira film ini ada 3 jam-an.
-
Angel Has Fallen, Waktu itu nonton ini telat dikit karena sebelumnya habis nonton Bumi Manusia. Sebelumnya seri Has Fallen pernah ditayangin di TV. Ya ngerti dikit lah alurnya. Aku inget bapaknya si karakter utama itu barbar banget, nebar granat dimana-mana, hehe.
-
Joker, aku udah bilangin ke ayahku kalau film ini gak ada actionnya samsek. Ayahku hooh aja. Tapi untungnya gak tidur pas nonton film ini. Joker ini merupakan pelawak dan sering tertawa-tertawa sendiri. Dia juga ketemu dengan Bruce Wayne kecil. Cuma kata orang,  film ini beda universe sama Joker di film Batman yang dulu-dulu. Apa iya?
-
The Addams Family, film animasi ini tentang keluarga Addams yang berpenampilan gothic (masa ortuku ngira mereka vampir). Cocok rilis di Bulan Oktober 😂 
Diadaptasi dari serial kartun berjudul sama. Para anggota keluarga di film ini menyukai hal yang menurut orang itu aneh.
-
Maleficent Mistress of Evil, sequel dari film Maleficent tahun 2014 dan berdasarkan cerita Sleeping Beauty. Aku kasian sih liat para perinya ada yang kena serbuk (?) yang merah itu 😭
-
Charlie's Angels 2019, ini aktrisnya udah beda dengan yang sebelumnya. Ada aktrisnya Jasmine dari Aladdin dan Bella Swan dari Twillight (cewe yang lagi satu kayaknya belum pernah main di film lain yang dikenal orang). Tapi disini si Kristen Stewart rambutnya jadi pendek. Salah satu soundtracknya, Don't Call Me Angel, dibawakan oleh Ariana Grande, Miley Cyrus, dan Lana del Rey.
-
Frozen 2, sequel dari film animasi Frozen (2013). Waktu muncul trailernya, jadi penasaran, kenapa Elsa menyeberangi laut. Kalau yang sebelumnya soundtracknya Let it Go, di sequelnya soundtracknya Into the Unknown. Ada juga lagunya Kristoff yang judulnya Lost in the Woods, mengingatkan pada lagu tahun 90an.
-
Jumanji Next Level, sequel dari Jumanji tahun 2017. Mereka masih masuk ke game dan menjadi karakter didalamnya. Tapi mereka ada yang bertukar posisi, cuma Ruby Roundhouse yang gak berubah. Seperti biasa, setiap Ruby beraksi tetep ada lagu Baby I Love Your Way.
-
Ip man 4 Finale, seri film ini sudah dimulai sejak tahun 2008 dan 11 tahun kemudian sudah mulai film terakhirnya. Seperti biasa, pasti pada kesel liat bule-bule yang ada di film ini. Di film ini ada Vanness Wu, tapi dia jadi botak. Di akhir cerita si Ip Man sudah... tau sendiri kan 😢


2020

Enter the Fat Dragon, diawal tahun sudah disuguhi film barunya Donnie Yen. Disini dia jadi polisi yang badannya kekar dan punya istri artis. Karena suatu hal, dia jadi kebanyakan ngemil dan jadi gemuk. Walau begitu dia masih bisa 'beraksi'. Ternyata film ini remake dari film tahun 70an berjudul sama.
-
The Courier, tertarik karena posternya keliatan keren. Di awal ditampilkan si cewek karakter utama yang diikat di kursi dan mau ditabrakkan mobil yang ada di depannya. Setelah itu langsung alur mundur kejadian sebelum adegan tadi. 

Si cewek ini sebenarnya kurir yang bisa 'beraksi', seperti yang ada di judul filmnya. 2 pemain karakter utamanya, Olga Kurylenko dan Amit Shah, pernah main di Johhny English Strikes Again. Ada juga karakter antagonis yang diperankan oleh William Moseley, yang pernah jadi Peter Pevensie di Narnia.
-
I Am Mother, waktu itu nontonnya setelah nonton The Courier dan film ini mainnya pas midnight. Sebelum The Courier main, ada trailer I Am Mother, jadi tertarik untuk nonton. 
)
Disebuah tempat, ada robot yang dipanggil Mother, mengurus anak perempuan manusia dari masih janin sampai remaja. Si Mother ini kayak punya kumpulan janin manusia gitu, tapi baru satu yang diurus. 

Si anak perempuan ingin liat dunia luar, karena selama ini dia terisolasi di tempat tersebut. Mother selalu ga bolehin dia keluar. Hingga suatu ketika si anak perempuan lihat ada wanita manusia yang ada didepan tempatnya dan si anak perempuan nolongin wanita ini.

Menariknya, pemeran yang ada di film ini cuma 2 orang. Sebenarnya 4 sih kalau ditambah pengisi suaranya. Sebelumnya film ini pernah ada di Netflix. Kayaknya ini film dengan pemain tersedikit yang pernah kutonton. Mungkin pada asing sama pemainnya, tapi si anak perempuan pernah main di Teen Spirit (entah kenapa Teen Spirit ditempatku belum main juga, padahal posternya ditempel terus di bioskop).
-
Bad Boys For Life, sequel dari seri Bad Boys yang dibintangi Will Smith dan Martin Lawrence. Film ini masih seru menurutku dan ada lucunya juga. Apalagi ada Vanessa Hudgens yang pernah main di High School Musical. Tapi emang ngeri liat Isabel 😂
-
Little Women, film adaptasi ketujuh dari novel berjudul sama. Aku netral sih kalau genre drama, tapi paling suka kalau settingnya abad 19 kayak film ini. Alur di film ini maju mundur, kadang rada bingung pas nonton. Aku suka sama Jo, kuat banget dia. Oh iya, pemerannya Amy bakal main di film Black Widow loh (sebelumnya pernah main di Midsommar sih hhh).
-
Birds of Prey, jangan harap ada Joker disini. Tidak cuma ada Harley Quinn, di film ini ada karakter-karakter baru. Sayang banget makanannya Harley baru beli langsung penyok //heh
Bahkan ada villain baru bernama Black Mask yang dipernakan oleh Ewan McGregor yang pernah main di Christopher Robin (2018).
-
Onward, film animasi Disney ini 2 karakter utamanya disuarain oleh pemeran Spiderman Homecoming dan Star Lord. Si karakter kakak yang disuarain Chris Pratt ini suka hal berbau sihir dan ingin membangkitkan bapaknya dengan sihir itu. Tapi sayangnya di akhir film pas bapaknya dibagkitkan, si adik ga ikut meluk bapaknya, cuma kakaknya aja yang bisa.
-
The Call of The Wild, posternya ada Harrison Ford (yang udah tua tentunya) lagi naik perahu bersama seekor anjing. Tadinya ortuku ngira filmnya nyeritain karakter yang diperanin Harrison Ford, ternyata nyeritain tentang anjingnya. Kalau ga salah, karakter yang diperanin Harrison Ford itu muncul di pertengahan film dan dia bermain dengan anjing itu. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama.
-
Sonic the Hedgehog, waktu itu pernah rame di timeline karena di trailernya penampilan Sonic jadi jelek. Tapi abis itu, udah dibenerin di trailer barunya. Eh, di akhir filmnya ada Tails lho.


Sepertinya sih, film yang diatas itu film yang terakhir kali ditonton di bioskop. Soalnya setelah itu udah muncul c-word di kotaku. Alhasil bioskopnya pada tutup. Bahkan Kuta yang biasanya rame, jadi lengang waktu itu.
 
Akhir kata, terima kasih sudah membaca postingan iseng ini sampai habis 🙏

NB: kalau mau tau film apa lagi yang aku tonton, liat aja di akun letterboxd aku (letterboxd.com/chocolattebjorn)

You Might Also Like

0 Comment(s)

Beethoven Kesetrum

Beethoven Kesetrum

Flags

Flag Counter